Kamis, 26 Januari 2017

5 langkah Menuju Sehat


5 Langkah menuju sehat

1. DREAM
Adalah kata yang dipakai pada semua sistem yang sifatnya mensupport spirit sehat, usaha, cita cita atau keinginan.

Dalam sesi tentang menurunkan berat badan ini sebenarnya juga berlaku untuk yang berat badannya normal maupun yang ingin menaikkan berat badan.

Dream nya adalah SEHAT.
Simpel, jadi tidak banyak saya tulis segala hal tentang sehat, tentu sehat jasmani dan rohani, produktif bekerja, sehingga dapat mendampingi anak anak,  yang penting TIDAK MEREPOTKAN ORANG LAIN.

Sering kali banyak saya jumpai, gangguan berat badan bukan karena fisik tetapi masalah psikis, ketika ada masalah makan menjadi pelarian, atau disebut eating disorder. Hal ini sangat mempengaruhi keseluruhan kesehatan.

Syarat mempunyai dream yang benar adalah sebuah KESADARAN. Orang yang bermimpi setelahnya harus sadar, kalau tidak sadar dia sedang bermimpi atau tidak namanya mabuk.
Realitanya banyak orang tidak sadar akan adanya gangguan di dalam dirinya, sehingga sulit jika ada orang lain akan membantu

2. GOAL atau atau Tujuan
Setiap langkah ke depan harus ada tujuan yang jelas. Misalnya menurunkan berat badan 6 kg dalam 2 bulan. Maka caranya sangat beragam, tidak ada satu cara untuk semua, masing masing kita punya metabolisme yang sangat subyektif.

Jangan ikut2an orang lain , lalu kalau berat badan tidak turun maka orang lain kita salahkan. Siapa yang mengambil keputusan? diri sendiri bukan?
Nah...ini sangat pribadi, dan ajak orang orang terdekat support untuk mendukung tujuan ini sehingga cepat tercapai.

Susun jadwal menu makan dan aktifitas serta jenis makanan yang bisa dipakai untuk menuju tujuan. Banyak sekali cara, bapak/ibu bisa buka di you tube atau internet banyak tersaji metode yang ditawarkan. Pilih yang mungkin bisa diaplikasikan dengan situasi yang ada.
bisa dicoba klick :
Http://hypnoramping.blogspot.com

3. LEARN
Pelajari langkah langkah yang akan ditempuh, cari informasi sejelas jelasnya supaya bisa menyusun rencana. Hal ini dapat dikerjakan sendiri atau bersama pasangan atau bantuan terapis. Biasanya jarang sekali yang berhasil jika melakukan sendiri, yang ada tidak bisa mengalahkan godaan teman, atau situasi, atau dipengaruhi klien.

Jika dengan pasangan cukup terbantu, tapi jika pasangan tidak bersama sama maka bisa juga terjatuh dalam godaan.

Terapis Anda bisa membantu anda, pendampingan selama beberapa waktu akan menjadi cermin anda, bagaimana anda menjalankan program ini. Hal ini perlu dipelajari dan dipertimbangkan, supaya mencapai dream yang akan anda capai.

4. PLAN
Semua hal di dunia membutuhkan perencanaan, jika anda tidak berencana maka anda sedang merencanakan kegagalan.

Sudah ada 3 step di atas, buat catatan akan mulai melakukan niat menurunkan berat badan mulai kapan.
Tentukan jenis makanan, jumlah dan jadwal makanannya. Beritahu ke teman teman bahwa selama 2 bulan ini akan ada program penurunan berat badan.

Jangan lupa, kecuali planning atau rencana, tiap minggu dievaluasi, sehingga mendapat informasi untuk diri sendiri, apa yang harus dilakukan lebih lagi atau ada kegagalan yang terjadi.

5. ACTION
Kerjakan dengan senang hati, dan terus ingat dream yang menguatkan anda TIDAK MEREPOTKAN ORANG LAIN bisa menjadi spirit altruis (lawan dari egois). kalau semua orang berfikir seperti ini maka sehat akan segera didapat.
Pernahkah anda melihat ada orang dengan berat badan lebih dari 100 kg, jatuh sakit dibawa ke Rumah Sakit, semua orang yang terlibat akan direpotkan dengan berat badan yang berlebih.

Konsisten lakukan dengan sungguh sungguh, terus menerus, sampai dream tercapai.
Kurangi volume nasi, perbanyak makan sayur dan buah, mindset harus diubah, bahwa sehat adalah milik diri sendiri. Jangan salahkan bos yang mengajak makan di luar, berani bicara program anda kepada orang lain.

Timbang berat badan anda tiap minggu untuk melihat seberapa banyak keberhasilan anda menurunkan berat badan.
Lakukan sekarang.... menuju sehat.
(Prapti Utami)

Http://theraafiat.blogspot.com
Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok DD no.15
Kelapa Gading, Jakarta Utara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar