Sabtu, 24 November 2018

Osteo Arthritis



Apa itu OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?
Osteoarthritis adalah sebuah penyakit di mana sendi terasa nyeri dan kaku. Biasanya terjadi pada lutut, paha dan tulang belakang. Terkadang juga dapat terjadi pada sendi di tangan. Sendi terdiri dari tulang rawan, substansi yang berperan menjadi bantal antar 2 tulang. Pada OA, tulang rawan tidak dapat lagi menjadi bantal, sehingga kedua tulang akan bergesekan saat Anda bergerak, menyebabkan sendi menjadi bengkak dan nyeri. Pengapuran sendi tidak dapat disembuhkan, namun menjaga berat badan dalam rentang normal serta berolahraga teratur akan membantu menghambat terjadinya penyakit ini dan memperbaiki fleksibilitas. Hindari aktivitas berat dan olahraga kontak fisik.

Seberapa umumkah OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?
Osteoarthritis sangat sering terjadi pada usia lebih dari 70 tahun. Keadaan ini dapat pula terjadi pada dewasa muda dengan berat badan berlebih. OA dapat terjadi pada laki‐laki maupun wanita, namun lebih sering terjadi pada wanita berusia lebih dari 55 tahun.

Tanda-tanda & gejala
Apa saja tanda-tanda dan gejala OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?
Osteoarthritis berkembang dengan lambat. Gejala awalnya dapat berupa rasa nyeri. Biasanya diperparah dengan olahraga dan membaik dengan istirahat. Seiring berjalannya waktu, pergerakan menjadi terbatas dan sendi menjadi lebih kaku. Kekakuan ini terjadi pagi hari namun semakin menghilang setelah banyak bergerak dan sendi memanas. Jika pengapuran sendi semakin memburuk, sendi menjadi nyeri dan tidak dapat ditekuk. Penderita akan mengalami krepitasi (sendi berbunyi) saat bergerak.Kemungkinan ada tanda‐tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?
Anda harus menghubungi dokter bila sendi Anda terasa nyeri dan kaku dan tidak membaik dalam beberapa minggu.Jika Anda memiliki tanda‐tanda atau gejala‐gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing‐masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab
Apa penyebab OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?
Penyebabnya yaitu proses penuaan, trauma, obesitas, dan faktor lain. Osteoarthritis terjadi saat tulang rawan di dalam sendi terkikis atau rusak akibat penuaan. Saat tulang rawan rusak, tulang akan bergesekan saat Anda bergerak, sendi akan membengkak dan sangat nyeri.

Faktor-faktor risiko
Apa yang meningkatkan risiko saya untuk OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?
Ada banyak faktor risiko untuk osteoarthritis, yaitu:
● Usia: risiko meningkat dengan bertambahnya usia.
● Jenis  kelamin:  wanita  lebih  berisiko  dibandingkan  laki‐laki,  penyebabnya belum jelas.
● Obesitas:  semakin  berat  tubuh  Anda,  semakin  besar  tekanan  pada  sendi, sendi akan menjadi lebih rapuh. Selain itu, jaringan lemak juga menghasilkan protein yang menyebabkan inflamasi pada sendi.

● Trauma:  trauma  saat  berolahraga  atau  kecelakaan  dapat  meningkatkan risiko radang sendi.
● Pekerjaan:  jika  pekerjaan  Anda  membuat  tekanan  pada  sendi,  secara bertahap sendi akan meradang.
● Genetik: beberapa orang terkena radang sendi karena keturunan.
● Malformasi  skeletal:  orang  dengan  kelainan  kongenital (sendi  atau  tulang) atau kelainan tulang rawan lebih berisiko OA.
● Penyakit lain: diabetes atau rematik seperti penyakit asam urat dan artritis rematoid meningkatkan risiko osteoarthritis.
Sourceortovedika.

Rumah Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247
Ibu Sholeh +62 896-2697-9941


Tidak ada komentar:

Posting Komentar