Minggu, 23 Februari 2020

Solusi Frozen Shoulder Di Rumah Sehat Thera Afiat, Edisi Lengkap










Urutan Rehabilitasi Sakit Frozen Shoulder Di Rumah Sehat Thera Afiat
(Edisi lengkap, Bisa dipraktekkan Sendiri)
Oleh Verri JP MA, Ahli urut salah gerak.

Metode Rehabilitasi Sakit Frozen Shoulder di Rumah sehat Thera Afiat.

 Rasa sakit yang terasa di belakang scapula

 Rasa sakit juga dekat area rottary cuff

 Rasa sakit terhubung pada otot Brachialis

Terutama pada otot Lateral Head.

Penyakit Sakit Bahu Membeku atau Frozen Shoulder timbul akibat paparan dari dinginnya musim hujan, dingin kipas angin atau AC dalam jangka waktu  lebih sering dan lebih lama.

Oleh karena itu sebaiknya luangkan waktu untuk tidak selalu berada dalam ruangan ber AC dan tdk terkena hembusan angin dari kipas angin terlalu lama. Apalagi di saat tidur.

Frozen shoulder atau adhesive capsulitis adalah gangguan yang terjadi di area bahu berupa rasa kaku dan nyeri. Kondisi ini menyebabkan terbatasnya pergerakan bahu hingga terkadang tidak dapat digerakkan sama sekali. Jadi, sederhananya frozen shoulder adalah nyeri pada area bahu hingga membatasi perbatasan gerak bahu.

Struktur tulang belikat cukup kompleks sehingga lebih rentan terhadap cedera. Dalam keseharian, tangan selalu aktif sehingga menyebabkan ketegangan pada otot bahu. Berbagai aktivitas seperti mengangkat belanjaan, menggendong anak, melakukan pekerjaan rumah atau saat bermain bersama anak. Jadi, tangan serta bahu sering mendapat tekanan sehingga berpotensi menimbulkan nyeri pada tulang belikat. Selain itu masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab nyeri pungung atau back pain diantara tulang belikat.

Cedera atau Trauma.
Cedera struktural tulang atau ligamen bahu bisa menyebabkan nyeri punggung bagian atas yang parah.

Cedera Otot Rotator Cuff.
Otot rotator cuff mengendalikan dan menstabilkan gerakan bahu. Bila otot ini cedera maka bisa menimbulkan nyeri punggung bagian atas terutama saat mengangkat lengan.

Osteoporosis.
Osteoporosis menyebabkan kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi lemah. Kondisi ini dapat memicu nyeri pada bahu.

Sikap Tubuh yang Salah.
Sikap tubuh yang salah saat tidur, duduk, bermain, bekerja, atau berdiri merupakan penyebab sederhana yang memicu terjadinya nyeri pada bahu.

Usia. Degenerasi cervical spine atau tulang leher karena penuaan atau penyakit tulang dapat menyebabkan nyeri tulang belikat.

Tendonitis.
Tendonitis terkadang akibat dari arthritis kronis dapat menjadi penyebab nyeri bahu. Peradangan tendon pada bahu menyebabkan nyeri punggung bagian atas.

Operasi.
Pada kasus operasi kanker payudara, luka potong di payudara dan di ketiak dapat menyebabkan nyeri pada tulang belikat.

Radang Sendi atau Arthritis.
Arthritis merupakan penyebab utama nyeri bahu, terutama pada orang tua. Arthritis menyebabkan disfungsi pada sendi tulang rusuk belakang dan punggung bagian atas sehingga mengakibatkan nyeri sendi.

Kram Otot.
Kram otot saat berolahraga atau saat melakukan pekerjaan sehari-hari bisa menyebabkan nyeri yang parah pada bahu atau tulang belikat.

Gangguan Pernapasan.
 Pneumonia, emboli paru, maupun pleurisy atau radang selaput paru-paru akibat infeksi pernapasan, dapat memicu nyeri punggung kronis dan nyeri pada bahu. Masalah paru-paru menyebabkan bahu menjadi sakit saat bernapas dalam.

Diet Tidak Sehat.
Kekurangan vitamin atau mengonsumsi terlalu banyak lemak saat makan, bisa melemahkan otot bahu sehingga menimbulkan nyeri pada otot bahu. Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi makanan olahan, junk food, atau makanan yang tidak bergizi akan mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi akan membuat otot bahu melemah dan menimbulkan nyeri punggung bagian atas.

Stres yang Berlebihan.
Stres fisik maupun psikologis yang berlebihan bisa memicu nyeri punggung atas. Orang yang mengalami depresi biasanya akan selalu mengeluh tentang sakit punggung.

Biasanya rasa sakit menembus sampai di dada.

Penyakit Jantung.
Rasa sakit karena diseksi aorta dapat menyebabkan nyeri bahu yang tajam. Sakit pada bahu atau punggung bagian atas merupakan salah satu gejala serangan jantung, jadi tidak boleh diabaikan. Angina pektoris umumnya dikenal sebagai nyeri dada yang dapat menyebabkan nyeri pada tulang belikat.

Gangguan Sistem Pencernaan. Gangguan pankreas, lambung, dan kerongkongan terkadang bisa menyebabkan nyeri punggung bagian atas. Nyeri pada perut yang terjadi karena gangguan sistem pencernaan seperti pembentukan batu empedu, batu ginjal, atau tukak lambung, dapat menyebar hingga bahu. Masalah pada hati atau liver dapat menimbulkan nyeri di bawah tulang belikat kanan.

Suhu yang Ekstrim Dingin. Paparan berlebihan terhadap suhu dingin yang ekstrim dapat menyebabkan nyeri punggung bagian atas.

Frozen Shoulder. Kondisi ini umum terjadi pada kelompok usia paruh baya. Frozen shoulder menyebabkan rasa sakit saat menggerakan bahu. Melakukan latihan untuk mengatasi frozen shoulder di bawah bimbingan pelatih sangat penting untuk memudahkan gerakan bahu dan tangan.

Perubahan Abnormal. Iritasi diafragma bisa menyebabkan nyeri bahu. Pada kasus kehamilan ektopik, seorang wanita mungkin akan mengalami pada nyeri tulang belikat.

Bursitis.
Radang bursae otot bahu atau peradangan pada otot bahu menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada bahu.

Perubahan Gaya Hidup.
Kesibukan serta jadwal pekerjaan yang padat membuat orang mengabaikan kesehatan mereka. Hidup yang serba cepat bisa menyebabkan gangguan makan. Kelangkaan waktu luang mempengaruhi rutinitas berolahraga. Ketidakteraturan pola makan dan tidur, kurangnya diet yang seimbang, serta olah raga yang kurang tepat bisa menyebabkan nyeri punggung bagian atas dan bahu.

Frozen shoulder atau adhesive capsulitis adalah gangguan berupa rasa nyeri dan kaku di area bahu. Kondisi ini menyebabkan terbatasnya pergerakan bahu hingga terkadang tidak dapat digerakkan sama sekali. Frozen shoulder umumnya muncul dan memburuk secara bertahap, serta dapat berlangsung selama 1-3 tahun.

Gejala Frozen Shoulder
Frozen shoulder sangat mengganggu aktivitas penderitanya, terutama saat berkendara, berpakaian, dan saat tidur. Bahkan hanya untuk menggaruk punggung atau merogoh kantong belakang, penderita akan sangat kesulitan. Pada beberapa orang, gejala akan cenderung memburuk, terutama di malam hari.

Gejala frozen shoulder umumnya berkembang perlahan dalam tiga tahapan, yang setiap tahapannya bisa berlangsung selama beberapa bulan, yaitu:

Tahap pertama atau freezing stage. Bahu mulai terasa nyeri tiap digerakkan dan pergerakan bahu mulai terbatas. Periode ini biasanya berlangsung 2-9 bulan.

Tahap kedua atau frozen stage. Nyeri mulai berkurang, namun bahu menjadi makin kaku atau tegang sehingga sulit digerakkan. Periode ini bisa berlangsung selama 4 bulan hingga 1 tahun.

Tahap ketiga atau thawing stage. Pada periode ini, kondisi dan gerakan bahu mulai membaik. Tahap ini umumnya terjadi dalam 1 hingga 3 tahun.

Penyebab Frozen Shoulder
Bahu memiliki kapsul pelindung berupa jaringan yang saling berhubungan. Kapsul ini melindungi tulang, ligamen, dan tendon pada bahu. Frozen shoulder terjadi karena jaringan parut membuat kapsul pelindung menebal dan menempel di sekitar sendi bahu, sehingga membatasi pergerakan bahu. Namun demikian, belum diketahui apa yang menyebabkan jaringan parut tersebut terbentuk.

Faktor Risiko Frozen Shoulder
Beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya frozen shoulder, antara lain:

Usia di atas 40 tahun.
Perempuan.
Menderita penyakit sistemik seperti diabetes, penyakit Parkinson, tuberkulosis, penyakit jantung, atau gangguan hormon tiroid (hipertiroid dan hipotiroid).
Tidak dapat bergerak dalam jangka waktu lama akibat stroke, patah tulang lengan, pemulihan pasca operasi, atau cedera pada rotator cuff atau otot di sekitar bahu.

Diagnosis Frozen Shoulder
Selain bertanya pada pasien mengenai gejala yang dirasakan, terapis  biasanya  akan melakukan pemeriksaan fisik, dengan meminta pasien menggerakkan tangan. Kemudian terapis  akan meminta pasien melemaskan otot bahu dan menggerakkan lengan pasien. Dua tindakan tersebut dilakukan, untuk mengetahui jangkauan lengan pada gerakan aktif dan gerakan pasif.

Frozen shoulder atau bahu beku juga biasanya dirasakan ketika bangun tidur di pagi hari.

Gejala yang dirasakan dipergelangan bahu,terasa sakit bila lengan di angkat atau di gerakan.

Solusinya :  Terapi trigger point, bekam, moksibusi dan Akupresur.

Menggunakan Dry cupping dan moksibusi

Baik di dada, di lengan dan belakang punggung terutama di scapula.

Setelah di kop kering atau dry cupping  kemudian otot dan syaraf digetarkan  dengan mesin penggetar atau vibrator.

 Lalu, diurut dengan metode acupressure.

Diurut lagi dan dilakukan peregangan dari leher sampai pundak dan lengan.
Yang lain, stretching wajah menghadap kiri dan kanan, juga menengadah dan merunduk.

 Lalu kepala diurut, dilakukan pijat syaraf dan getar ke seluruh kepala seperti titik gerimis pada kepala.

Kemudian diurut kasar pada kepala.
Kepala me jadi terasa ringan dan pandangan jadi terang benderang.
setelah itu di stretching lagi dengan pembetulan bahu dan dada.
Pengobatan dan rehabilitasi frozen shoulder selesai.
Pengobatan frozen shoulder hanya dilakukan oleh ahlinya Thabib Verri JP MA, MUd.

Kesaksian Lilie Sanderi - Pancoran, Jakarta Selatan.

Alhamdulillah sakit frozen shoulder lengan kiriku sdh sembuh diterapi di tempat ust. Verri JP,MA..

Makasi ya ust. Verri🙏
Semoga rumah Sehat Thera Afiat semakin barokah dan semakin banyak lagi membantu orang2 yg memerlukan bantuan, aamiin🤲

aku alhamdulillah banget..skrg tanganku ga sakit lagi, sudah sembuhbuhbuh😀

Salam,
Lilie Sanderi

Urutan lengkap bisa dilihat di situs :
https://pemijit.blogspot.com/2020/02/urutan-rehabilitasi-sakit-frozen.html?m=1

Selain untuk sakit  frozen shoulder di atas,  metodik urut ini  bisa juga menyembuhkan sakit tortikolis / leher tegang/salah bantal  dan Carpal Tunnel syndrome secara tradisional, untuk itu bisa dihubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247

Rumah Sehat Thera Afiat
Cabang Tangerang Selatan
Jl Kalasan Blok B15 No.1
Sarua Permai - Pamulang
Tangerang Selatan
Wa 08111494599
Hp 087883171247

#notaverrijp
#theraafiat
#therainstitute
#salahgerak
#kesleo
#terkilir
#rehabsendi
#rehabsyaraf
#syarafkejepit
#sportmassage
#urutkelapagading
#urutsaruapermai
#urutbsd
#urutbintaro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar