Jumat, 14 Agustus 2015

Tarif Berbekam





Mempelajari ilmu thibbun nabawi hukumnya fardhu kifayah tp mempelajari fiqh ttg pengobatan adl fardhu 'ain. Maka lebih prioritas mempelajari fiqhnya terlebih dahulu sblm ilmu pengobatannya.

Mengenai upah bekam diperbolehkan berdasarkan pendapat yg rojih dari jumhur 'ulama' dgn berbagai refrensi, sy akan kutipkan dari salah satu kitab yg saya miliki, di antaranya yg telah dikatakan:

ظاهر هذه الأحاديث تدل علَى جواز التكسب بصناعة الحجامة, و إباحة أخذ الأجرة عليها, و هذا يتعارض مع الأحاديث علَى تسميته خبيثاً و أنّه من شرّ المكاسب.

و من أجل هذا التّعارض إختلف العلماء في كسب الحجامم. والّذي ذهب إليه الأكثرون من السّلف والخلف أنّ كسب الحجام لا يحرم أكله, لا علَى الحر ولا علَى العبد.

"Telah jelas maknanya dari bbrp hadits yg ada menunjukkan akan bolehnya memperolah hasil dari praktek bekam, dan meminta upah bekam, dan dlm hal ini jg ada bbrp hadits yg bertentangan dgn menyebutnya sbg khobits (buruk) dan sesungguhnya sejelek2nya penghasilan.

Oleh sebab itu dlm mensikapi pertentangan ini ulama' berselisih pendapat berkaitan dgn upah bekam. Dan yg sebagian besar di antara mrk baik dari ulama' salaf maupun kholaf bahwa sesungguhnya upah bekam tdk diharamkan memakannya, tdk pula dikhususkan bagi orang yg merdeka maupun hamba sahaya. (Ahaadits Ath Thibb An Nabawi fi Al kutub As Sittah hal. 323)

Jg dikuatkan pula oleh imam At Tirmidzi di dalam kitab sunannya jilid 3 hal. 576 di dalamnya babnya beliau menamakannya: " baab maa jaa a fii ar rukhshoh fii kasbi al hajjaam" (bab ttg bolehnya meminta upah bekam), begitu pula disebutkan oleh para 'ulama' perowi hadits dlm kitab2 hadits mrk. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bhw jumhur 'ulama' membolehkan utk meminta upah bekam.

Adapun jika antum memilih pendapat sebagian kecil 'ulama' akan kemakruhannya maka itu menjadi hak antum krn kedua pendapat tsb tdk ada yg salah. Para 'ulama' di dalam berijtihad tentu tdk berdasarkan logika mrk tp tentunya berbagai disiplin ilmu yg telah mrk miliki, shg kita tdk bisa menyalahkan pendapat salah satu di antara keduanya. Jika kita menyalahkan org2 yg meminta upah dlm berbekam maka itu merupakan tuduhan bhw telah salah pula para 'ulama' perowi hadits yg telah menyandarkan pendapatnya berdasarkan hadits Nabi, dgn begitu maka itu adl merupakan tuduhan thd نبيّنا محمّد صلى اللّـه عليـه وسلـم bhw beliau telah berdusta akan sabdanya. (SourceMuhZamrony)


Untuk info Terapi Bekam  hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:

Label :

Bekam, Bekam Kelapa Gading, Biaya Bekam, RS Thera Afiat, Tarif Bekam, verri JP MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar