Senin, 26 Januari 2015

Bahagiakan Pencernaanmu

"Kualitas hidupmu ditentukan oleh apa saja yang kamu masukan kedalam perutmu"

Saluran cerna adalah organ tubuh yang sangat vital untuk hidup kita. Dari sini kita mendapat asupan makan yg kemudian di serap kedalam tubuh yang akan menjadi energi dan tenaga dalam aktivitas sehari-hari.

Organ tubuh yang pertama di mulut untuk asupan makan, lalu diproses dalam perut. dan yang terakhir di lubang pelepasan kotoran sisa makanan atau anus.

Ada pepatah yang mengakatan "kualitas hidupmu ditentukan oleh apa saja yang kamu masukan kedalam perutmu". Nah dari sini bisa kita evaluasi apakah makanan yang kita makan sehat dan bergizi atau sebaliknya yang meracuni tubuh dan bikin sakit.

1. Mulut.
 Mulut selain untuk komunikasi dalam konteks pencernaan adalah sebagai organ awal masuknya makanan kedalam tubuh. Disini terletak indera perasa dilidah seperti manis, asin, pahit, pedas, dsb. Ingat bahwa bukan makanan enak menjamin kualitas makanan, tapi lihat mutu makanannya, apakah sudah mengandung gizi dan vitamin yang baik atau sebaliknya karena banyak makanan sekarang yang sudah tidak alami dengan menggunakan pengawet dan pewarna buatan yang bisa merusak kesehatan.

Setelah bisa memilih makanan yang baik dan sehat plus halal, selanjutnya cara memakan dengan mengunyahnya 20-30 kali kunyah, ini agar makanan bisa hancur dan tercampur air liur sebagai enzim yang sangat membantu proses pelumatan di lambung.

Sebelum dan sesudah makan pastikan meminum air secukupnya agar cairan dalam tubuh kita terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi. Air sangat berguna bagi tubuh karena tubuh kita 70 persen air. Manfaatnya selin itu adalah melancarkan proses makanan dan menyegarkan tubuh plus nilai pembersihan dari racun atau toxin. Murah dan gampang minum air putih jadi lakukanlah dengan maksimal, minimal 2 liter sehari.

2. Kerongkongan
Setelah makanan masuk dan dikunyah dalam mulut maka selanjutnya makanan akan ditelan dan masuk kerongkongan yang akan mengantarkannya ke lambung dengan proses seperti pemijatan. Makan dengan pelan dan jangan terburu-buru agar kerongkongan bekerja maksimal dan tidak tersendak atau batuk karena makanan terlalu cepat dipaksa masuk.

3. Lambung
Nah di lambung adalah pusat atau tempat dimana makanan yang tadinya kita makan akan tertampung disini. Lambung adalah pusat pencernaan yang didalamnya terdapat enzim untuk melumat dan menghancurkan makanan. Kira-kira membutuhkan waktu 3sampai 5 jam agar makanan terurai dan lebur.

Jika makanan yang kita makan kaya gizi dan berserat tinggi maka akan memudahkan kinerja lambung, tapi jika makanan yang kita makan tinggi kolesterol banyak lemak, keras, dan tidak mengandung buah atau sayur, maka kinerja lambung akan terganggu karena makanan yang kita masukkan itu berat untuk kinerja lambung.

Selain itu perhatikan juga faktor kebiasaan atau pola makan kita agar teratur karena tubuh dan otak kita punya sistem dari kebiasaan. Jika biasa sarapan pagi, makan siang, dan makan sore/malam. Maka lakukan dengan teratur dan berkesinambungan. Jika tidak teratur dengan alasan sibuk dan lupa makan maka akan terjadi gejala sakit Maag atau iritasi lambung yang menyebabkan perut tidak nyaman dan sakit. Maka untuk mencegahnya sebelum sakit datang makanla dengan teratur dan berserat tinggi.

4. Usus halus.
Setelah terlumat dilambung maka makanan akan diteruskan ke usus halus, disini makanan akan diserap melalu otot dan saraf yang mengantarkan semua kandungan gizi makanan keseluruh tubuh menjadi energi seperti gerakan tubuh dan otak untuk berfikir. Sebenarnya selain usus halus ada organ lain yang membantu juga dalam proses pengurai makanan menjadi energi tubuh seperti hati dan pankreas. Jika makanan yang kita makan sehat dan gizi seimbang tentu saja badan sehat dan organ vital yang membantu proses pencernaan akan baik juga, tetapi jika yang kita makan adalah makanan buruk makan akan menyakiti organ tubuh karena terkotori oleh makanan tersebut. Jangan heran banyak orang berpenyakitan dalam tubuhnya karena faktor utama tidak memperhatikan pola makanannya.

5. Usus besar.
 Setelah makan diserap semua di usus halus atau usus 12 jari maka sisanya akan di ditampung di usus besar untuk selanjutnya di buang melalui anus. Yang perlu di ingat disini adalah mengatur jadwal buang air besar agar usus besar sehat karena sisa makanan ini sifatnya busuk dan proses pembusukan akan buruk bagi kesehatan usus jika terlalu lama tidak dikeluarkan. Seperti yang saya ulas di atas bahwa makanan mesti tinggi serat seperti sayuran dan buah selain membantu kinerja lambung juga mempermudah BAB sehingga terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Banyak makanan yang buruk masuk menyebabkan kanker usus dan untuk mencegahnya sekali lagi jaga makanan yang kita makan dipastikan sehat bagi tubuh.

6. Anus
Akhir dari proses pencernaan dan sisa makanan adalah di lubang pelepasan atau anus. Lubang ini letaknya paling bawah dan terkahir dimana sisa makanan atau kotoran tubuh dibuang. Langkah yang baik adalah menjaga kebersihan anus, jika selesai BAB bersihkan dengan maksimal agar tidak terisia kotoran dan kuman. Buanglah kotoran atau BAB dengan teratur karena jika teratur atau sampai beberapa hari tidak BAB maka kotoran atau feses akan menjadi keras. Efeknya akan susah BAB dengan mengejang berlebihan. Nah jika ini sering terjadi akan menyebabkan gejala ambeien atau wasir, dalam bahasa kedokteran dinamakan hemoroid yakni terjadinya pelebaran dan pembengkakan di pembuluh vena karena terlalu mengejang berlebihan.

Itu mungkin yang bisa saya share sebagai pengetahuan yang mungkin bagi teman-teman sudah tidak asing tapi sangat penting untuk dipahami bersama agar menjaga pola makan dan kesehatan untuk hidup sehat itu penting sehingga kita bisa hidup sehat dan maksimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tentu saja selain faktor makanan ada hal lain yang perlu kita perhatikan dan di jaga seperti istirahat yang cukup, olahraga, dan pola pikir sehat agar terhindar dari stres berkepanjangan dengan berfikir positif dan bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar