Jumat, 13 April 2018

Albumin Pada Ikan Gabus


Albumin Ikan gabus pada Gabus Pucung;
 Albumin adalah jenis protein yang ada di dalam darah. Lebih tepatnya, albumin merupakan salah satu bagian dari protein utama plasma darah yang memiliki banyak peran bagi darah manusia. Albumin adalah protein terpenting dalam struktur plasma darah. Hal ini membuat fungsi dari plasma darah bergantung pada manfaat albumin dan kadar albumin yang terkandung di dalam darah.

 Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh guru besar Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, mengungkapnkan ikan ini memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan jenis lain. Ikan gabus juga memiliki kadar protein tertinggi dibandingkan dengan telur, daging ayam, dan daging sapi.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Dari penelitian di laboratorium diperoleh bukti bahwa dari 100 gram ikan gabus mengandung berbagai kandungan gizi seperti :

Kalori : 69 kalori
Protein : 25,2 gram
Lemak : 1,7 gram
Besi : 0,9 miligram
Kalsium : 62 miligram
Phospor : 76 miligram
Vit.A : 150 miligram
Vit.B : 0,04 miligram
Air : 69 gram

Dalam penelitian tersebut juga terungkap, ikan gabus sangat kaya akan albumin. Albumin adalah salah satu jenis protein yang mencapai 60% dari total plasma protein dalam darah manusia. Kadar albumin dalam ikan gabus mencapai 62,24 g/kg, sementara telur yang selama ini kita kenal sebagai sumber protein utama hanya 9,34 g/kg.

Dengan kandungan albumin yang mencapai 62,24 g/kg tersebut, ikan gabus sangat tepat untuk mempercepat penyembuhan seperti luka operasi atau pembedahan. Bisa juga untuk penyakit degeneratif seperti sakit jantung dll.

Jakarta, 14/3/18

#Verrijp
#albumin
#ikangabus
#masakangabuspucung
#masakanbetawi
#masakankhasbekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar