Rabu, 18 Mei 2016

Bekam Pengobatan Ilmiah


Bekam Merupakan Pengobatan Ilmiah

Bekam bukanlah pengobatan klenik dan pengobatan paranormal. Karena pengobatan bekam memiliki ciri-ciri :
1. Ilmunya didapat dengan belajar, walaupun bisa dipelajari tanpa guru.
2. Siapa saja yang belajar bekam pasti bisa melakukannya.
3. Tidak bisa dilakukan dengan jarak jauh.
4. Kesembuhan diperoleh dengan proses membekamnya, bukan karena orang yang membekam.
5. Bekam tidak menimbulkan efek, walaupun yang dibekam tidak percaya.

Berdasarkan ciri di atas maka jelaslah bahwa bekam bukanlah ilmu sihir melainkan ilmu pengobatan ilmiah. Agar lebih lengkap berikut ini penjelasan dari jurnal ilmiah di Inggris :

Penelitian Pengaruh Terapi Bekam untuk Penanganan Nyeri Lutut Anterior (Bagian Depan) dan potensi peranannya dalam Promosi Kesehatan

Objektif:
Untuk mengetahui pengaruh Terapi Bekam dalam tingkatan patofisiologis pada penanganan Nyeri lutut anterior (bagian depan) dan dampaknya terhadap kualitas hidup serta kenyamanan.

Metode:
Survei eksperimen menggunakan percobaan klinis dan kuesioner. Penelitian lanjutan dilakukan selama tiga minggu untuk mengetahui pengaruh jangka panjang efek terapi dengan menggunakan penilaian obyektif maupun subyektif. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mengetahui berapa banyak variabel independen menyebabkan peserta penelitian mengalami perubahan  (Dane, 1990).

Hasil:
Terdapat perbedaan statistik yang signifikan dalam tingkat rasa sakit, kenyamanan dan rerata pergerakan pada pasien dengan nyeri lutut anterior antara sebelum dan setelah bekam (P <0,05).

Pendahuluan
Bekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam perawatan dan pengobatan berbagai masalah kesehatan diantaranya : Penyakit darah seperti hemofili dan hipertensi, Penyakit reumatik mulai dari artritis, sciatica/nyeri panggul, sakit punggung, migren, gelisah/anxietas dan masalah fisik umum maupun mental. Tujuan bekam adalah untuk membuang darah dari dalam tubuh yang diyakini dapat merusak tubuh dan pada gilirannya berpotensi merugikan mulai dari gejala biasa sampai yang mengarah pada menurunnya derajat kesehatan.

Sejarah dan asal mula Terapi Bekam
Secara tradisional, Terapi bekam telah dipraktekkan oleh banyak budaya dalam satu bentuk atau lainnya. Di Inggris praktek Terapi bekam juga telah tercatat dalam kurun waktu yang lama dengan salah satu jurnal kesehatan ‘The Lancet‘ yang diberi nama setelah adanya praktek ini. Lanset merupakan salahsatu peralatan bedah tradisional yang digunakan untuk membuang kelebihan darah yakni venaseksi dan digunakan untuk membedah bisul (Abses). Kata dalam bahasa Arab untuk Terapi Bekam adalah Al-Hijamah yang berarti untuk mengurangi ukuran yakni untuk mengembalikan tubuh pada kondisi alamiah.

Praktek Al-Hijamah telah menjadi bagian dari budaya Timur Tengah selama ribuan tahun sebagaimana telah ada pada catatan di zaman Hipokrates (400 SM). Di belahan barat, yang pertama melakukan Terapi Bekam adalah orang-orang Mesir kuno, dan yang tertua terekam dalam Textbook berjudul “ Ebers Papyrus” yang ditulis sekitar tahun 1550 SM di negeri Mesir menyebutkan masalah bekam  (Curtis, 2005).
 Terapi bekam secara umum dapat dibagi menjadi dua kategori: Bekam kering (Dry Cupping) dan Bekam basah (Wet Cupping). Terapi bekam kering cenderung lebih banyak dipraktekkan di wilayah Timur Jauh, sedangkan Bekam basah menjadi favorit di wilayahTimur Tengah dan Eropa Timur. Untuk tujuan penelitian ini dilakukan penyelidikan Terapi bekam basah yang kemudian disebut sebagai Terapi Bekam.

Penggunaan Terkini Terapi Bekam
Pengobatan Komplementer dan Alternatif (CAM= Complementary and Alternative Medicine) akhir-akhir ini menjadi lebih populer di masyarakat dan mendapatkan kredibilitas dalam dunia Biomedis kesehatan  (Hill, 2003). Survei menunjukkan bahwa sekitar sepertiga dari penduduk Inggris  (Ernst, 1996) dan sedikit lebih tinggi di Amerika Serikat  (Wootton dan Sparber, 2001) menggunakan CAM. Selain itu, mainstream dunia kesehatan yang meminta bukti lebih lanjut untuk CAM semakin tertarik pada beberapa bentuk CAM  (Hoffman, 2001).

Untuk layanan bekam hubungi :
Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa sawit raya blok DD no. 15
Kelapa Gading
Jakarta utara
Telp. 08111494599

Tidak ada komentar:

Posting Komentar