Sabtu, 28 Mei 2016

Demam dan nyeri lambung

REMPAH YANG  RAMAH,
(Selalu bangga menjadi orang Indonesia)
Prapti Utami, dr

Mendengar atau membaca kata rempah  serasa masuk dalam kehidupan sejarah NUSANTARA. Mengapa penjajah sampai ke Indonesia? Karena tumbuhan beraroma dan memiliki rasa yang kuat ini,  digunakan dalam jumlah kecil pelezat  makanan, menjadi pengawet atau penyedap rasa banyak tumbuh di nusantara. Portugis dan Belanda jatuh cinta kepada Indonesia karena keberadaan rempah rempah yang melimpah di negri kita.

 Mereka tinggal dan mengeksplorasi kekayaan ibu pertiwi, mereka sangat mengerti dan memahami bahwa rempah rempah ini sangat memiliki arti utk kelangsungan kehidupan manusia. Bagaimana dengan kita, yang mendapat anugerah hidup di bumi pertiwi ini? Globalisasi telah menghiasi negri tercinta, dimengerti bahwa teknologi telah merangkul semua sisi tanpa disadari. Cepat saji menjadi teknik favorit di seluruh restorasi, dan rempah tetap punya nyali untuk diuji.

Dapur seharusnya menjadi  tempat favorit keluarga, disana adalah awal kesehatan seluruh penduduk rumah, dan menjadi tempat yang menentukan arah seluruh sel tubuh mau ke mana.

Ketika demam datang, tubuh memberi sinyal ada tidak keseimbangan, kita memiliki smart body, yang selalu memberi kabar ada yang tidak beres dalam metabolism tubuh. Tidak memerlukan antibiotik, peningkatan daya tahan tubuh dapat menyelesaikannya. Ambil 3 jari kunyit, haluskan seduh dengan 200 cc air panas, tutup gelas, minum 1 jam sebelum makan. Lakukan hal ini sehari 3 sampai dengan 4 kali. Demam berlanjut pikirkan untuk tetap ke dokter atau ke RS, mungkin saatnya antibiotik harus masuk tubuh atas indikasi.

Nyeri lambung atau maag adalah penyakit rakyat yang disebabkan oleh kebiasaan yang tidak beres dan dilakukan bertahun-tahun tanpa sadar. Makan telat, salah makan, makan tidak proporsional, gemar makan satu jenis makanan, sekali lagi tubuh member sinyal adanya ketidakberesan tubuh, sayangnya rasa perih sering sekali diabaikan. Ambil ¼ temulawak segar, 3 jari kunir putih, tumbuh halus, seduh dengan 200 cc air mendidih, tutup gelas, tunggu sampai dingin, minum sehari 3 kali dengan dosis yang sama, 1 jam sebelum makan.

 Http://obatjamu.blogspot.com
Http://theraafiat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar