Jumat, 06 November 2015

Urut Jari-jari Tangan Kesleo




Penanganan Dasar Cedera

R est : Istirahatkan bagian yang cedera
I ce : Kompres es segera setelah trauma
C ompression : Tekan dengan pembalutan
E levation : Naikkan bagian cedera lebih tinggi dari jantung
(Disingkat Rice : Istirahat, Es, Tekan, Angkat)

Ditambah:
Kompres panas: setelah pembengkakan jenuh
Hydrotherapy/Electrotherapy
Pijat urut
Obat anti sakit dan anti radang.

Penjelasan :
Istirahat (Rest)
Tujuan untuk mencegah parahnya cedera dan mengurangi  aliran darah ke area cedera. Waktu istirahatnya bergantung pada cederanya.

Es (ice)
Karena saat cedera akan terjadi robekan pada pembuluh darah yang berakibat keluarnya isi pembuluh darah tersebut ke jaringan di sekitar  yang memicu timbulnya pembengkakan, pembuluh darah juga melebar (dilatasi) sebagai respon peredangan.

Pemberian kompres es bertujuan “menyempitkan” pembuluh darah yang melebar sehingga mengurangi peradangan yang menyebabkan dia bengkak.

Tujuan melokalisir daerah cedera dan mengurangi memar.
Mematirasakan ujung syaraf, sehingga dapat mengurangi nyeri.
Mencegah bertambahnya bengkak. Kompres es menyebabkan vasokonstriksi, sehingga aliran darah ke bagian yang cedera berkurang dan bengkak tidak bertambah besar.
Kompres es tidak boleh lebih dari 20 menit karena akan mengakibatkan  vasodilatasi berlebihan (hunctincton reflex). Aliran darah bisa meningkat 3 kali semula sehingga pada daerah cedera teraba panas.

Cara kompres Es :
Es disimpan pada kantong es atau kantong plastik, dan dibungkus handuk sebelum dipakai.
Tiap kali kompres dari dua sampai tiga menit, sebanyak satu sampai dua kali sehari.
Bila sudah terasa kesemutan atau pucat (vasokonstriksi yang cukup). Es dilepas sementara sampai pembengkakan jenuh.

Penekanan (Compression)
Penekanan pada bagian cedera dengan membalut daerah yang keseleo dengan kain verban yang elastis (kompresi elastic) untuk meminimalkan peradangan, menyangga daerah tersebut dan memberikan rasa nyaman.

Tujuannya adalah untuk mengurangi gerakan pada bagian tubuh yang terkilir agar tidak sakit dan tidak bertambah parah lagi nantinya dan untuk mengurangi pembengkakan.
Pembebatan usahakan dengan kencang, dan mantap, tetapi jangan terlalu erat agar aliran darah tidak terganggu yang dapat menghambat proses penyembuhan.

Lama proses compression tergantung tingkat terkilirnya, jika ringan bisa satu sampai dua hari, jika terkilir berat bisa sampai 2 minggu.

Peninggian (Elevasi)
Angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari pada anatomi jantung. Tujuannya agar pembengkakan yang terjadi dapat dikurangi.

Metode RICE diterapkan selama 48 jam (2 hari) hingga 42 jam pasca cedera. Setelah proses di atas tinggal menunggu  selama 3-5 hari nantinya bengkak akan berkurang sendiri.

Cara Penanganan cedera Tangan Kesleo

  1. Cedera Jari-jari Tangan
Jari-jari tangan merupakan peraba yang sangat komplek karena terdiri dari tulang ruas tulang kecil. Ligamen, tendon dan saraf yang sangat sensitif sehingga jika terjadi cedera akan sulit diperbaiki, dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk kesembuhannya.

Pemijatan jari-jari tangan sangat rumit dan komplek sekali, semakin kecil bagian yang harus dipijat, maka semakin rumit pula cara penanganannya. Pemijatan harus lembut dan hati-hati terkadang sulit menemukan titik permasalahannya.

Penarikan  bagian dari jari-jari tangan  harus dilakukan dengan lembut dan perlahan saja, dan jari-jari kita juga harus  menarik bagian dari otot-otot jari dari pasien. Lakukan tarikan pada ruas jari-jari  dan tahan selama tiga detik.

Setelah melakukan tarikan pada ruas jari-jari dari tangan kemudian kita merolling jari-jari yang bermasalah tersebut secara hati-hati dan lembut saja. Tujuannya supaya jari-jari rileks dan kembali ke posisi semula.

Lakukan kompres es untuk mengurangi peradangan dan bengkak sekitar jari-jari, tangan kemudian lakukan pijatan secara perlahan-lahan pada jari-jari tangan yang cedera.
Yang harus diperhatikan bahwa jari-jari merupakan tulang yang cukup kecil dan terdiri dari ruas-ruas kecil penanganannya maka diperlukan kesabaran dan kehati-hatian.

Pijatan ruas-ruas tulang bagian sendi harus lembut dan pelan karena dapat menimbulkan nyeri. Lakukan pijatan-pijatan pada sendi tulang dengan perlahan-lahan namun penekanannya harus bersamaan di kedua sisi tulang sendinya, sehingga terhindar dari pergeseran sendi yang lebih jauh.

Setelah selesai dikompres es selama 15-20 menit beberapa kali sehari, lalu dibalut  yang menekan kemudian diistirahatkan.


Selanjutnya :
  1. Cedera Keseleo Pergelangan Tangan (Bone Carpal)
  2. Cedera Pergelangan Tangan
  3. Cedera Ligamen Carpal


Untuk info Terapi Urut Kesleo dan Herbal hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:

Label :

Urut Jari-jari, Jari Tangan Kesleo, Tangan kesleo, tangan terkilir, RICE, Rest, Ice, Compression, Elevation, Verri JP MA, Thera Afiat, kelapa gading,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar