Jumat, 05 Agustus 2016

Daun sirsak segar vs simplisia


Daun Sirsak segar vs Simplisia

Daun yang kering atau segar, kasiat tetap sama.

Daun sirsak bekas rebusan sebaiknya tidak digunakan kembal karena Perebusan ulang bahan herbal menyebabkan zat toksik mulai terlarut dalam air rebusan. Air rebusan masih layak konsumsi 12 jam pasca proses. Setelahnya air mulai basi. Cirinya warna menjadi semakin pekat, berbau, dan rasa berubah menjadi agak asam. Konsumsi air rebusan basi menyebabkan diare, lagipula khasiat yang diharapkan didapat tidak tercapai.
Untuk memperpanjang umur simpan, disarankan untuk menyimpan air rebusan di lemari pendingin dan dibekukan. Dengan cara itu air rebusan dapat disimpan hingga 2 minggu. Jika hendak meminumnya, tinggal keluarkan air beku dari kulkas lalu biarkan mencair dan siap dikonsumsi. Daun segar - juga dalam bentuk simplisia - bisa saja diolah dengan penyeduhan. Namun, para herbalis menyebut cara perebusan tetap lebih baik. Cara lain yang lebih praktis, konsumsi daun sirsak dalam bentuk kapsul ekstraksi.
Untuk menyimpan daun sirsak supaya dapat digunakan lagi, Para herbalis menyarankan untuk menyimpan bahan baku dalam bentuk kering alias simplisia supaya tahan lama. Penyimpanan daun sirsak segar dalam jumlah banyak sulit karena dalam 3 - 5 hari daun mulai kehilangan kandungan airnya. Jika disimpan di dalam lemari pendingin memang bisa memperpanjang umur simpan daun segar. Cuci bersih daun, lalu keringanginkan hingga tidak ada air, karena kehadiran air mempercepat proses kerusakan. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Namun, 5 - 7 hari pascapenyimpanan di kulkas umumnya daun mulai layu dan kehilangan kandungan air. Khasiatnya pun mulai berkurang. Oleh karenanya daun sirsak dikeringkan. Kandungan senyawa aktif pada simplisia sama dengan daun segar. Perbedaannya hanya karena simplisia kehilangan kadar airnya.

 http://herbalismedik.blogspot.co.id/2016/08/daun-sirsak-segar-vs-simplisia.html?m=1

Http://herbalismedik.blogspot.co.id
Http://obatjamu.blogspot.com
Http://theraafiat.blogspot.com

 Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok DD no.15
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telp/wa 08111494599
087883171247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar