Jumat, 19 Agustus 2016

Herbal Jadi Pilihan


3 Alasan mengapa herbal menjadi pilihan?

Bukan rahasia lagi kalau arus herbal sedang menggulung seperti bola salju yang meluncur. Banyak cerita baik dan bencana, dengan semakin terbukanya informasi, aturan pemerintah dan gerakan masyarakat semakin nampak bahwa herbal atau jamu sangat diminati oleh banyak orang.

Ada 3 hal yang ingin saya tuliskan mengapa herbal jadi pilihan untuk merawat kesehatan.
1. Aman
2. Murah
3. Mudah

ad 1. Aman
Aman identik dengan tidak menimbulkan masalah, akan memberi kenyamanan, memberi rasa lebih baik. Ribuan tahun herbal atau jamu dipakai oleh nenek moyang sehingga bisa bertahan hingga sekarang. Benefit yang didapat adalah umur panjang, cantik dan segar serta ramping, tenaga kuat dan produktif. Legenda, surat Centini, relief candi dan banyak sumber lagi menjadi bukti bahwa jamu membuat manusia bisa bertahan hidup.

Keamanan herbal tentu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :
1. jenis herbal; ribuan jenis herbal harus dikenali dengan tepat, nama, aroma, bentuk, rasa menjadi ukuran yang dipakai untuk kejelasan jenisnya. Herbal akan aman dipakai kalau tepat jenis tanamannya.
2. dosis atau takaran; hal ini wajib diperhatikan, keamanan terjamin karena ada takaran yang telah ditentukan berdasarkan pengalaman jaman dulu. 1 jimpit, 1 jumput, 1 genggam, 1 jari, 1 jengkal adalah contoh takaran yang dipakai pada jaman dulu. Sekarang dengan ditimbang.
3. waktu minum; kapan herbal diminum akan menentukan keamanan zat aktif masuk dalam tubuh, maka akan menentukan efektifitas manfaatnya.

ad 2. Murah
Setiap keluarga mempunya dapur, setiap hari pasti tersedia bumbu yang digunakan untuk memasak, itulah rempah yang bermanfaat untuk merawat kesehatan. Sebut saja jahe, kencur , kunyit...bisa ditanam di pot, kalau masak tinggal ambil. Mendapatkan herbal murah adalah pilihan.

ad 3. Mudah
Sangat mudah karena sejauh kita berjalan ke dapur atau kebun atau tukang sayur bukan? kalau mau mencari di pasar rempah rampah juga bukan benda asing, sehingga kita harus mencari pasar mana yang menyediakannya. (Sumber : dr. prapti_utami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar