Selasa, 16 Agustus 2016

Fisiologi kulit

Bismillah

FISIOLOGI KULIT
Kulit mempunyai banyak fungsi bukan hanya sebagai barier mekanik, pelindung dari rangsangan fisik, sinar radiasi ultraviolet, kimia dan serangan mikroba, akan tetapi kulit juga mempunyai berbagai fungsi yang lain yang menjadikannya sebagai organ terpenting dalam menjaga homeostasis tubuh. Berikut adalah fungsi kulit secara global:

1. Sebagai barier mekanik
Fungsi perlindungan utama kulit diwujudkan lewat lapisan sel mati yang merupakan bagian terluar dari kulit. Setiap sel baru yang dihasilkan oleh pembelahan sel bergerak dari bagian dalam kulit menuju ke permukaan luar. Sembari melakukan ini, unsur cair (sitoplasma) di dalam sel berubah menjadi protein kuat yang disebut keratin. Selama proses ini, sel itu mati. Senyawa keratin yang baru terbentuk ini mempunyai struktur yang sangat keras dan karena itu tidak dapat didekomposisi oleh enzim pencernaan. Dengan demikian, penyerang seperti bakteri dan jamur tidak akan bisa mendapatkan sesuatu untuk dicabik dari lapisan luar kulit.
Kulit sebagai sitem yang harus dijaga keseimbangannya dengan cara menjaga homeostatis fisiologisnya
diperkirakan mekanisme kerja bekam terjadi karena respon tubuh terhadap rangsang bekam dari awal hingga akhir:
1. karena rangsang mekanik bekam,
2. perubahan tekanan karena tekanan negatif
3. trauma toreh ringan
4. pengeluaran sampah metabolism/ darah tua/CPS(cairan darah dan jaringan yang tercampur dengan subtansi yang berbahaya bagi tubuh).
(Abuamar)

 Http://bekammedik.blogspot.com
Http://theraafiat.blogspot.com

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok DD no.15
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telp/wa 08111494599
087883171247


Tidak ada komentar:

Posting Komentar