Kamis, 22 September 2016

Akibat Kegemukan


Akibat Obesitas

Kali ini kita akan membahas akibat dari Obesitas.

Memang ada akibatnya? Kan hanya kegemukan?

Pertanyaan selalu muncul ketika kita mengangkat suatu topik tertentu.

Ayo kita mulai saja 😊...
Akibat Obesitas (Kegemukan) antara lain :
1. Penyakit Diabetes Melitus atau penurunan hormon insulin yang diproduksi kelenjar pankreas.
Kok bisa?
Iya..
Coba kita perhatikan ya, obesitas terjadi akibat adanya pembesaran lemak di dalam tubuh, selanjutnya lemak tersebut akan mengeluarkan zat peptida (protein) dan asam lemak bebas (free fatty acid atau FFA) yang sangat mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Kondisi ini membuat tubuh terus membutuhkan energi, semakin banyak juga makanan yang dibutuhkan, termasuk gula. Ketika asupan gula semakin banyak, insulin yang dikeluarkan juga banyak, sampai satu titik pankreas tidak lagi bisa produksi insulin karena kelelahan. Jadinya gula yg ditangkap insulin hanya sedikit, yang lain beredar bebas sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

2. Jantung
Terjadi karena adanya lapisan berisi sekumpulan lemak dan zat yang lain di pembuluh darah koroner sehingga menyebabkan  kekakuan pembuluh darah. Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jadi betapa berbahayanya aliran darah terhalang sampai tersumbat, maka akan menghentikan suplai oksigen dan makanan ke otot jantung yang menyebabkan rasa nyeri di dada.

3. Hipertensi
Terjadi akibat terbentuknya plak lemak di dinding pembuluh darah yang menyebabkan sempitnya pembuluh darah. Maka jalur yang harusnya luas, menjadi sempit, menyebabkan tekanan meningkat.

4. Kanker
Terjadi karena pola makan yang tidak seimbang, perubahan pola makan seiring dengan gencarnya informasi/promosi berbagai makanan berkadar lemak tinggi dan junk food. Menjadikan makanan dan minuman instan sebagai faktor resiko penyebab kanker.

5. Rematik
Merupakan kerusakan sendi akibat tidak lancarnya proses metabolisme secara terus menerus dalam sendi. Beban berat badan tubuh akibat obesitas menyebabkan nyeri di pergelangan kaki dan lutut.

6. Gangguan Metabolisme Lemak.
Ketidakseimbangan pola makan yang dilakukan terus menerus

Jadi, kembali lagi tergantung pada diri kita.... merubah pola makan dan memilih hidup sehat atau lebih memilih pola hidup bersenang-senang karena hidup hanya sekali??

Mari, alangkah lebih baik dengan memberi nutrisi pada tubuh dibanding menyenangkan mata dan lidah.

Salam Sehat,
Sekarutamitoga
@praptiutami

Ikuti hypno slimming, diet mudah dan menyenangkan sebagai salah satu cara mengurangi kegemukan.

 http://hypnoramping.blogspot.co.id/2016/09/akibat-obesitas.html?m=1

Http://hypnoramping.blogspot.com
Http://theraafiat.blogspot.com

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok DD no.15
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telp/wa 08111494599
087883171247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar