Minggu, 11 September 2016

Manfaat Pisang Raja


Manfaat pisang raja

Dalam 1 buah pisang raja dengan berat 100 gram mengandung protein 1,2 gram, karbohidrat 32 gram, kalsium 10 mg, kemudian fosfor 22 mg dan zat besi 0,8 mg.

Pisang yang memiliki ukuran sedang dan gemuk ini memiliki bentuk sedikit melengkung keatas dengan pangkal buah agak bulat. Setiap pohon pisang raja dapat menghasilkan rata-rata 90 buah.

Banyak yang dapat diolah dari buah ini diantaranya dapat diproses menjadi tepung, kripik, bir, cuka dan didehidrasi. Selain pisangnya, daunnya juga dapat digunakan sebagai pembungkus makanan dan alat penggosok lantai.

Salah satu jenis flora yang memiliki nama ilmiah Musa Paradisiaca ini masuk ke dalam famili Musaceae. Merupakan makanan mewah kalau dikonsumsi di pagi hari.

Karena dengan mengkonsumsinya di pagi hari maka akan bersifat antisariawan usus sehingga sangat bermanfaat bagi sistem percernaan.

Baik dunia kedokteran modern dan tradisional telah mengenal sejak lama manfaat pisang raja. Begitu banyaknya manfaat pisang raja, maka perlu kami sampaikan kepada pembaca apa-apa saja manfaat dari buah yang berwarna kuning ini.

1. Berguna untuk Meningkatkan Kekebalan tubuh.

Sebagaimana yang sudah kita sampaikan diawal kandungan vitamin A, C serta B6 dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan semua jenis infeksi virus dan juga bakteri yang masuk atau ada di dalam tubuh kita.

Cukup mengkonsumsinya satu buah per hari, maka sudah sangat cukup untuk melindungi tubuh kita dari virus yang berbahaya.

2. Sebagai Sumber Energi

Setiap buah pisang raja memilki sedikitnya 32 gram kandungan karbhidrat. Kandungan karhohidrat ini sangat berperan dalam membantu meningkatkan energy. Terlebih jika kita memakan pisang raja disaat melaklukan aktifitas fisik yang berat.

Misalnya saja, saat berolahraga, cara terbaik untuk mengembalikan energi yaitu memakan satu bauh pisang raja ditambah minum air mineral. Sehingga tidak perlu menambanh minuman manis.

Contoh lainnya saat sarapan, dimana umumnya kita sangat sulit makan di pagi hari. Maka cobalah buah pisang raja untuk makanan yang ringan.

3. Menguatkan Tulang

Di dalam satu buah pisang mengandung zat prebiotic. Zat ini juga bisa disebut fructooligosaccharide yang berfungsi menyerap nutrisi agar lebih mudah. Artinya setiap buah pisang raja yang kita makan, maka akan membantu tubuh untuk meyerap kalsium. Sehingga tulang pada tubuh akan menjadi lebih kuat.

Selain zat prebiotic, pisang raja juga memiliki zat potassium. Zat ini sangat berfungsi untuk mencegah hilangnya kalsium yang telah diserap. Sehingga dengan begitu, resiko terkena osteoporosis akan lebih kecil di kemudian hari.

4. Menyehatkan Mata

Karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi, maka dengan mengkonsumsinya dapat mengurangi resiko gangguan penghilatan dapat dihindari. Dan ini sangat dianjurkan sekali bagi para orangtua yang umurnya sudah mencapat 40 tahun keatas.

Menurut ahli gizi, jika seseorang yang mengkonsumsi 3 atau lebih buah pisang raja perhari lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkomsumsinya hanya 1 buah per hari.

5. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi itu disebakan salah satunya adalah kadar garam yang tinggi dan obesitas. Seorang dokter sering menganjurkan kepada pasien untuk mengkonsumsi pisang agar dapat menurunkan berat badan.

Kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah pada pisang merupakan kolaborasi yang sangat tepat untuk mencegah terjadinya stroke dan datah tinggi.

Cukup makan 1 buah pisang raja sebelum makanan utama, jika dilakukan serutin mungkin dapat menurunkan berat badan sehingga hipertensi dapat diatasi.

6. Menguatkan Fungsi Ginjal

Setiap pisang raja memiliki senyawa fenolik antioksidan yang tinggi. Ini berfungsi untuk melindungi ginjal. Sama halnya zat potassium yang dimiliki dalam satu buah pisang raja memiliki efek yang baik bagi ginjal.

Saat tubuh mendapatkan cukup potassium, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Sehingga ini dapat mengurangi resiko terjadi penyakit batu ginjal.

7. Melancarkan Saluran Percernaan

Saat kita mengkonsumsi pisang maka akan membantu dalam mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Sehingga resiko terjadinya sembelit dapat dihindari. Selain itu juga, bagi penderita maag, maka di dalam pisang terkandung zat antiasid.

Zat ini berfungsi membantu mengurangi risiko kanker lambung. Tingginya kandungan serat pada pisang raja bermanfaat sebagai makanan bagi baktero baik di dalam usus besar sehingga bisa mencegah diare.

8. Sebagai Makanan Balita
Seorang balita tidak dianjurkan untuk makan yang berat-berat. Maka dari dokter kesehatan sangat menyarankan bagi balita mengkonsumsi pisang salah satunya pisang raja. Disebabkan tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna bagi balita.

Nutrisi yang dimiliki pisang raja mudah diserap oleh tubuh balita. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan pisang raja sampai halus sehingga. Mengkonsumsi pisang raja tidak akan menimbulkan alergi bagi balita anda.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan menggosokkan pisang raja ke bagian kulit wajah atau leher maka akan membantu anda dalam pengencangan kulit. Ini disebabkan karena kandungan kalium yang dimiliki pisang yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit.

10. Menghilangkan Sakit Kutil

Bagi anda yang menderita penyakit kutil, maka kulit pisang raja efektif mengatasi kulit kering dan juga memperbaiki tekstur kulit sehingga kulit tampil lebih cantik. Penggunaanya yaitu dengan menumbuk kulit pisang raja sampai halus dan tempelkan ke bagian kutil.

11. Mengobati Iritasi Kulit

Jika anda mengalami gatal-gatal maka disarankan menempelkan kulit pisang ke area gatal. Kemudian diamkan selama 1 malam dan kemudian bilas dengan air bersih.

Karena para hli kesehatan sepakat, kulit pisang juga memiliki zat antioksidan dan mineral yang alami. Ini membantu untuk peremajaan kulit dan menyembuhkan iritasi ataupun memar di kulit luar.

12. Mengobati Penyakit Psoriasis

Penyakit prosriasis adalah penyakit yang ditandai dengan adanyanya sisik berwarna keperakaan serta menimbulkan gatal dan perih. Jika sisik ini digaruk maka akan muncul bintik pendaharahan yang sakit.

Dengan kulit pisang raja penyakit ini dapat diatasi yaitu dengan menggosokan kulit pisang raja ke bagian yang terkena penyakit psosriasis secara merata. Reaksi awal akan muncul kemerahan pada kulit, namun ini sifatnya sementara dan akan mereda dengan sendirinya.

13. Mengobati Jerawat Membandel

Kulit pisang merupakan obat herbal yang ampuh dalam mengatasi jerawat yang menempel pada wajah. Dengan menggosokan kulit di bagian muka yang terkena jerawat maka akan mengurangi timbulnya jerawat yang membandel.

14. Membuat Mood Lebih Tenang

Ini manfaat terakhir dari pisang raja. Senyawa asam amino dalam pisang raja membantu tubuh untuk memproduksi zat serotin. Zat ini berfungsi sebagai neurotransmitter. Artinya zat ini membantu anda merasa lebih tenang atau releks sehingga suasana hati anda menjadi stabil secara alami.

Http://obatjamu.blogspot.com
Http://theraafiat.blogspot.com

Rumah sehat Thera Afiat
Jl.kelapa sawit raya blok DD No. 15
Kelapa Gading,
Jakarta Utara

Telp 08111494599
087883171247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar