Rabu, 07 September 2016

Upil


Upil Dalam Hidung

Upil, atau nama ilmiahnya rhinotillexomania, adalah kotoran yang terdapat di lubang hidung yang disebabkan oleh proses pernapasan.

Pada saat kita bernapas, ada di mana mikro-organisme dan debu yang berada di udara masuk ke hidung dan tersangkut di bulu hidung. Itulah makanya warna upil sering terlihat coklat kehitaman, karena itu merupakan warna dari debu yang bertebaran diudara.

Saat kita bernafas di daerah yang memiliki kandungan debu yang banyak di udara atau daerah berpolusi, maka upil yang ada di hidung bisa berukuran sangat besar.

Masya Allah untung saja Allah  menciptakan bulu hidung  untuk manusia yang berfungsi untuk menangkal debu-debu dan kotoran masuk ke paru-paru. Walaupun debu dan mikro-organisme itu bisa melewati bulu hidung, masih ada  lendir/ ingus yang bertugas membantu bulu hidung mencegah kotoran dan mikro-organisme memasuki paru-paru.

Selain sebagai saringan, bulu hidung dan lendir/ingus berfungsi untuk membantu meningkatkan kelembaban udah yang kita hirup agar nyaman saat masuk  paru2. (Yaniquin).

 Http://gurahcor.blogspot.com
Http://theraafiat.blogspot.com

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok DD no.15
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telp/wa 08111494599
087883171247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar