Senin, 09 Februari 2015

Gurah Untuk Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan adalah suatu peradangan pada daerah tenggorokan atau pharynx. Radang tenggorokan sesungguhnya bukanlah nama penyakit. Ia hanyalah gejala dari berbagai penyakit yang muncul. Dalam terminologi kesehatan, radang tenggorokan biasa disebut dengansore throat atau faringitis.

Seperti pada banyak jenis radang, radang tenggorokan dapat bersifat akut – ditandai dengan cepat dan biasanya mulai yang relatif singkat saja – atau kronis.

Radang tenggorokan akut dapat mengakibatkan tonsil membengkak yang menyebabkan kesulitan bernapas dan menelan, kadang-kadang disertai oleh batuk atau demam.

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa disebabkan bermacam-macam penyebab, bisa karena infeksi virus, infeksi bakteri,infeksi fungal hingga alergi dan iritasi,di antaranya adalah:

Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam .
-Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
-Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).
-Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
-Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Dapat ditemukan gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah – muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.
-Merokok.
-Dari berbagai penyebab tersebut, penyebab tersering adalah infeksi virus. Adapun bakteri yang paling sering menyebabkan radang tenggorokan adalah bakteri streptococcus sekitar 15-30 persen kasus

Gejala Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan karena infeksi bakteri streptokokus dapat dikenali gejalanya sebagai berikut:

- tonsil dan kelenjar leher membengkak
- bagian belakang tenggorokan berwarana merah cerah dengan bercak-bercak putih.
- demam seringkali lebih tinggi dari 38 derajat celsius dan sering disertai rasa menggigil
- sakit waktu menelan.
- Radang streptokokus memerlukan bantuan dokter karena bila penyebabnya adalah kuman streptokokus dan tidak mendapat antibiotik yang memadai maka penyakit akan bertambah parah dan kuman dapat menyerang katup jantung sehingga menimbulkan penyakit Demam Rhematik.

Permasalahan radang tenggorokan atau faringitis biasanya semakin parah dengan keadaan pasien yang sulit menelan, bahkan tidak bisa makan. Kondisi ini tentu saja akan mengurangi asupan makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan menganggu proses penyembuhan.

Pada infeksi radang tenggorokan yang disebabkan virus influenza bersifat menular dan sangat mudah tersebar. Pada kondisi ini, peradangan berlangsung sekitar tiga sampai sepuluh hari. Umumnya, peradangan terasa lebih berat pada pagi hari dan akan membaik seiring berjalannya hari.

Biasanya disertai rasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam, dan batuk. Sakit tenggorokan juga ditemukan pada infeksi virus lainnya seperti bisul dan campak. Tubuh memerlukan satu minggu untuk membangun antibodi untuk menghancurkan virus-virus tersebut.

Infeksi mononucleosis, atau yang umumnya disebut Mono disebabkan virus Epstein Barr,dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.Virus ini memengaruhi sistem limpa sehingga menyebabkan pembesaran pada amandel dan muncul bercak putih pada permukaannya. Selain itu, juga terjadi pembengkakan pada pembuluh di leher.

Pada sebagian besar kasus, keluhan ini akan mereda dengan sendirinya. Untuk membantu meringankan rasa sakit, dokter biasanya memberikan obat yang bersifat pain reliever. Misalnya asetaminofen (parasetamol) atau ibuprofen yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan demam. Berkumur dengan air garam hangat juga bisa membantu. Bisa juga dengan obat kumur anestetik

Kanker tenggorokan
Kanker tenggorokan menunjukkan suatu perubahan pada sekumpulan sel yang membelah diri, yang jumlahnya semakin banyak dan tidak terkendali. Kendati perubahan tersebut merupakan sesuatu yang wajar terjadi dalam tubuh sebagai proses regenerasi dari sel-sel yang rusak, namun pengontrolan perubahan sel tidak lagi berfungsi secara normal. Oleh karena itu, keadaan semacam ini disebut penyakit kanker.

Kanker bukanlah penyakit infeksi yang terjadi karena kuman, melainkan tumbuh dari sel-sel organ itu sendiri, yang mengalami mutasi genetis. Mutasi genetic tersebut menyebabkan sel tumbuh tidak normal dan bersifat destruktif, serta tidak mengikuti aturan hukum-hukum pertumbuhan dan cenderung merusak.

Kanker bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, termasuk tenggorokan. Namun, dengan catatan bahwa tidak semua sel kanker dapat tumbuh secara progresif di tempat lainnya. Hal ini dikarenakan adanya pertahanan tubuh (sistem imun) dan syarat tumbuh di tempat baru yang tidak didapati di sana, misalnya tidak adanya zat karsinogen dan oksidasi oleh suatu oksidan, seperti radikal bebas.

Sama halnya dengan tumor, kanker mempunyai ciri-ciri klinis tersendiri antara lain adanya benjolan yang mudah diraba, penurunan berat badan, kekurangan sel-sel darah merah, gangguan dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, serta menurunnya fungsi indra perasa terhadap makanan dan minuman.

Human Papilloma Vims (HPV) adalah virus yang dapat menyebabkan munculnya benjolan kecil atau kutil pada alat kelamin dan kanker serviks. Perpindahan virus HPV melalui oral seks bisa mengakibatkan kanker tenggorokan. Secara spesifik, kanker ini didefinisikan sebagai kanker orofaring yang mampu bersarang di amandel, pangkal lidah, langit-langit mulut, serta bagian belakang tenggorokan.

Para peneliti menemukan bahwa kanker tenggo­rokan mirip infeksi HPV yang menyebar melalui oral seks. Sementara itu, penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kanker tenggorokan semakin banyak dialami ketimbang kanker otak dan kanker leher. Kanker ini termasuk jenis kanker yang langka. Kasusnya mencapai 10.000 dari 45.000 ganasnya kanker otak dan leher yang terdiagnosis setiap tahun di Amerika Serikat. Meskipun begitu, pengaruhnya bersifat tetap dan menyeluruh.

Gejala-gejala awal kanker tenggorokan antara lain telinga berdenging secara terus-menerus, pilek yang berlangsung lama dan disertai darah, suara parau yang berkepanjangan, seeing mimisan, rasa nyeri saat menelan sesuatu, perubahan suara (hoarseness), tumbuhnya benjolan di leher, rasa sakit pada teng­gorokan, batuk yang keras (persistent cough), suara bernada tinggi karena terjadinya gejolak aliran udara pada saluran udara bagian atas (stridor), napas berbau, serta rasa sakit pada telinga.

Kanker tenggorokan termasuk penyakit kanker keempat yang paling banyak menyerang penduduk di Indonesia. Sebenarnya, penderita kanker membutuhkan dukungan dan perhatian dari pihak keluarga. Dukungan tersebut dapat menstimulasi kerja hormon, yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menguatnya kekebalan tubuh berarti menutup peluang bagi kanker untuk menyebarkan sel-sel kanker ke bagian tubuh yang masih sehat.


PENGOBATAN ALTERNATIF UNTUK PENYEMBUHAN PENYAKIT RADANG TENGGOROKAN, KANKER TENGGOROKAN ADALAH DENGAN CARA DIGURAH.

Untuk Gurah di Kelapa Gading
Hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:
http://penyembuhdotcom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar