Minggu, 15 Februari 2015

Manfaat Gurah Untuk Kesehatan

Gurah, suatu istilah untuk terapi pengobatan yang sudah lama dikenal dan digunakan oleh nenek moyang Indonesia. Terutama dalam kalangan pondok pesantren yang memusatkan kajian pada ajaran keislaman, serta menaruh perhatian dengan seni olah vokal.

Komunitas pesantren inilah yang secara turun menurun melestarikan dan mengembangkan terapi gurah ini hingga sekarang. Di antara para pewaris ilmu pengobatan gurah ini, ada yang mengamalkan apa adanya, atau  disebut ahli gurah yang menyakralkan ilmunya.

Mereka mempertahankan keaslian ilmu gurah sebagaimana mereka menerima dari gurunya tanpa berusaha memberi inovasi apapun di dalamnya.

Ada juga yang berani berinovasi dengan jenis terapi gurah ini, mereka memasukan teknik-teknik terapi pengobatan modern, alat-alat, dan bahan-bahan yang dihasilkan dari teknologi modern ke dalam kemasan terapi gurah ini.

Tapi  tetap dengan metode lama yakni memasukkan ramuan gurah melalui lubang hidung, tapi ada juga yang membuat formula baru dalam terapi pengobatan gurah ini. Melalui gurah dengan kapsul (kapsul gurah), tinggal minum, lebih simpel dan praktis, walaupun hasilnya sedikit berbeda dengan gurah tetes atau gurah cor.

Hal ini dikarenakan wilayah kerja dari masing-masing metode gurah memang berbeda.
Menurut ahli  Gurah Said Mawardi (40). Said Mawardi mengatakan, gurah adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan herbal. Pengobatan yang dilakukan dengan cara memasukkan cairan herbal ke dalam hidung atau mulut.

Cairan itu berfungsi untuk mengeluarkan lendir yang ada di dalam tubuh dalam waktu sekitar sepuluh menit atau lima belas menit lendir yang ada dalam tubuh akan keluar melalui hidung dan mulut.

Walau kesannya jorok dan jijik namun pengobatan ini banyak dilakukan bagi penderita sesak nafas dan lain sebagainya.



Ragam Penyakit Disembuhkan

Menurut Said Mawardi, penyakit yang bisa diobati menggunakan gurah ini adalah, TBC, asma, sesak nafas, mengguk (batuk terus menerus), sakit paru-paru.
Sakit kepala, mudah pusing, stres, migren, flu, pilek, alergi debu, sinusitis, hidung meler berkepanjangan. Darah tinggi, gangguan lambung, saluran pernafasan, saluran pernafasan dan lainnya.

“Jadi gurah ini dapat mengoboti beberapa penyakit seperti yang saya sebutkan di atas. Jenis-jenis gurah yang berkembang saat ini diantaranya adalah gurah hidung,” katanya.

Gurah ini dilakukan dengan cara meneteskan langsung ramuan gurah ke lubang hidung lalu pasien diminta tengkurap agar lendir kotor mengalir keluar. Jenis ini paling efektif dilakukan untuk membersihkan saluran napas termasuk untuk mengatasi gejala asma.

Gurah Mulut
Untuk membersihkan lendir dan dahak di sekitar pita suara, ramuan gurah juga bisa diteteskan lewat mulut. Cara ini sama ampuhnya dengan gurah hidung karena di sekitar pangkal lidah terdapat percabangan antara saluran pernapasan dengan saluran pencernaan.
“Macam-macam gurah seperti gurah hidung gurah mulut dan gurah vagina namun di sini kita hanya melakukan gurah hidung dan gurah mulut,” katanya.

Cara Melakukan Gurah
Terapi gurah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, gurah secara langsung.
Caranya dengan meneteskan ramuan tanaman khusus ke dalam hidung. Khasiat ramuan tersebut membuat syaraf tubuh bereaksi mendorong dan mengeluarkan lendir kotor, berkuman penyakit, beracun (kopi, rokok, alkohol dll).

Lendir akan keluar lewat rongga hidung dan mulut. Kemudian gurah dengan kapsul. Caranya dengan minum ramuan tanaman khusus yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Seperti gurah assyifa terbuat dari sari daun srigunggu dan akar pelarut lendir.

Lendir akan larut dengan keringat dan keluar lewat pori-pori kulit atau lewat saluran pembuangan. “Hasilnya membuat seluruh saluran pernafasan, pencernaan dan darah akan bersih, dan menjadikan badan kita sehat. Tidak ada efek samping dalam pengobatan gurah,” katanya.

Gurah dibagi menjadi empat macam. Pertama, Gurah Lalapan. Maksud dari gurah ini adalah menjadikan terapi pengobatan gurah melalui ramuan dari bahan-bahan alami yang dibuat lalap.

Pemanfaatan gurah lalap bertujuan untuk mengurangi lendir sekaligus menjernihkan suara. Kedua, Gurah Ramuan. Gurah dapat juga dilakukan dengan meminum ramuan. Bahan-bahan yang digunakan adalah kayu legi, gula batu, gagang pohon sirih.

Ketika bahan ini direbus dengan takaran yang sama, dan masih dalam keaadaan hangat, airnya disaring lalu diminum. Atau anda dapat juga menggunakan 7 lembar daun sirih yang direbus denga air 2 gelas, sisakan 1 gelas.

Masih dalam keadaan hangat minumlah. Ketiga, Gurah Tetes atau Gurah Cor, Gurah tetes atau gurah cor ini, dengan cara meneteskan ramuan kusus kedalam kedua lubang hidung. Khasiat ramuan tadi akan membuat semua syaraf tubuh bereaksi menekan, mendorong dan mengeluarkan lendir kotoran yang mengandung racun dan kotoran (dari rokok, kopi, alkohol, narkotik, polusi udara dll).

Lendir akan keluar lewat rongga hidung dan mulut. Sehingga seluruh saluran pernapasan, pencernaan dan peredaran darah akan bersih dan lancar. Gurah jenis inilah yang direkomendasikan.

Dan yang terakhir adalah, Gurah dengan Kapsul, dikenal dengan istilah kapsul gurah. “Pada dasarnya, gurah jenis ini adalah pengembangan dari metode gurah yang selama ini ada. Caranya, ramuan-ramuan sebagai resep gurah dimasukkan dalam kapsul,” ujar Said Mawardi.

Untuk info Gurah hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:
Jambipos
http://theraafiat.blogspot.com
http://senimistik.blogspot.com
http://therainstitute.blogspot.com
http://hypnoramping.blogspot.com
http://gurahcor.blogspot.com
http://pemijit.blogspot.com
http://bekammedik.blogspot.com
http://hypnowriting.blogspot.com
http://obatjamu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar