Selasa, 09 Juni 2015

Sarang Semut

Sarang Semut

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan hayati yang melimpah. Karenanya banyak pengobatan tradisonal yang memanfaatkan keanekaragaman hayati dari alam Indonesia, contohnya adalah sarang semut.

Sarang semut merupakan tumbuhan efipit yang dimanfaatkan semut sebagai sarangnya, jadi bukan dibuat oleh semutnya. Sarang semut merupakan istilah dalam bahasa Indonesia untuk menyebutkan genus myrmecodia. Genus ini sendiri merupakan istilah dari bahasa yunani yang berarti “mirip semut”. Sarang semut tumbuh pada dahan atau batang tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah Papua.
Salah satu khasiat sarang semut yang banyak diyakini masyarakat luas adalah mampu mencegah bahkan menyembuhkan kanker dan tumor.

Kemampuan sarang semut secara empiris untuk pengobatan berbagai jenis kanker/tumor tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya. Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan tumor/kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

Bagi Anda yang penasaran, di bawah ini diuraikan beberapa khasiat dari sarang semut Papua yang diambil dari berbagai sumber. Yuk simak,

1. Mengobati Rematik. Khasiat flavonoid yang terkandung dalam sarang semut sebagai Inhibitorenzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral sudah terbukti dapat menyembuhkan penyakit encok atau rematik.

2. Mengobati Darah Tinggi/Hipertensi. Sebagai obat alami untuk darah tinggi, sarang semut mengandung Flavonoid yang mencegah penggumpalan darah. Jika mengkonsumssi obat herbal ini secara rutin, maka tekanan darah tinggi dapat terhindarkan.
Hipertensi dapat terjadi karena penggumpalan darah. Sarang semut memilki khasiat mengencerkan penggumpalan darah yang terjadi di dalam tubuh. selain Flavonoid, sarang semut juga memiliki senyawa Tokoferol yang terbukti mampu mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dan tekanan tinggi dapat diatasi.

3. Mengobati Diabetes Melitus. Banyak pengguna sarang semut melaporkan kondisi kesehatan mereka membaik setelah mengkonsumsi obat herbal ini. Khasiat sarang semut dalam membantu pengobatan diabetes diduga karena kemampuan herbal ini untuk memulihkan fungsi organ tubuh khususnya pankreas. Sehingga dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup. Dengan demikian gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

4. Mengobati Ambeien (Wasir). Kemampuan sarang semut untuk pengobatan ambeien berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.

5. Mengobati Benjolan-Benjolan Payudara. Yang dimaksud dengan benjolan-benjolan pada payudara adalah pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma). Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut.

6. Gangguan Fungsi Ginjal dan Prostat. Mekanisme pengobatan gangguan fungsi ginjal dan prostat kemungkinan ada kaitannya dengan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam sarang semut.

7. Haid dan Keputihan. Proses pengobatan untuk keputihan dan melancarkan haid ada kaitannya dengan kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.

8. Melancarkan Peredaran Darah. Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam sarang semut memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.

9. Mengobati Migrain. Untuk pengobatan migrain berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam sarang semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.

10. Mengobati Paru-Paru (TBC). Pengobatan TBC terkait dengan peranan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut yang berfungsi sebagai anti-virus.
Sebagai catatan, alangkah baiknya sebelum mengaplikasikan sarang semut sebagai obat herbal, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang memang kompeten dibidangnya yah! Semoga bermanfaat. (berbagai sumber)
Penulis :           Aditya Wardhana
Editor  :           Riana

Untuk info gurah dan Herbal hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:

label :

Sarang Semut, Manfaat Sarnag Semut, Epifit, Papua, Kanker, Tumor, Flavonoid, Karsinogen, Verri JP MA, RS Thera Afiat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar