Selasa, 24 Maret 2015

ISPA

Sekilas Tentang Infeksi Saluran Pernafasan Akut.  Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau yang lebih sering di singkat dengan ISPA atau dalam istilah bahasa inggrisnya Acute Respiratory Infections (ARI) merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang salah satu bagian atau lebih dari saluran nafas mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adneksanya seperti sinus, rongga telinga tengah, dan pleura. Penyakit ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak, karena sistem pertahana tubuh anak masih rendah. Istilah ISPA meliputi 3 unsur yaitu infeksi, saluran pernafasan dan akut yang dimana unsur tersebut memiliki arti sebagai berikut :
1.Infeksi
Adalah masuknya kuman atau mikroorganisme ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala beberapa penyakit.
2.Saluran Pernafasan
Adalah organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah, dan pleura.
3.Infeksi Akut
Adalah infeksi yang langsung sampai dengan 14 hari . Batas 14 hari diambil untuk menunjukan proses akut meskipun untuk beberapa penyakit yang dapat di golongkan dalam ISPA proses ini dapat berlangsung lebih dari 14 hari.
Tanda Dan Gejala
Yang termasuk dari gejala ISPA adalah badan pegal-pegal (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, sakit pada tenggorokan. Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus. Diagnosis yang termasuk dalam keadaan ini adalah rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan laryngitis.
Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) terbagi menjadi 2 golongan yaitu :
ISPA non-Pneumonia : Di kenal masyarakat dengan istilah batuk pilek.
Pneumonia : Apabila batuk pilek di sertai gejala lain seperti kesulitan bernafas, peningkatan frekuensi nafas (nafas cepat).
(Source: Fokus, Hati dan Pikiran)

Untuk info gurah dan Herbal hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:


Tag :

ISPA, ARI, Acute Respiratory  Infection,  ISPA Non Pneumena, Batuk, Pilek, Nafas Cepat, Thera Afiat, Gurah Cor, Gurah, Thera Institute, Artikel, Verri JP MA,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar