Minggu, 22 Maret 2015

Penyakit Paru-paru

PENYAKIT PARU-PARU

 PARU-PARU merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Anda sebaiknya menjaga kesihatan paru-paru kerana terdapat 12 jenis penyakit berkaitan dengannya.

 Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernafasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah.

 Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan bantuan Haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah O2 di dalam darah diikat oleh Hemoglobin, selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh.

 Berikut ini penyakit yang terdapat pada paru-paru paparan Steve Parker dalam buku berjudul “Ensiklopedia Tubuh Manusia”.

Apa perlu anda lakukan adalah pemeriksaan/diagnos di hospital kerana di sana lengkap peralatan canggih dan doktor-doktor pakar...jangan buang masa dan wang dengan rawatan alternatif - 'CEGAH sebelum PARAH'

1. Pneumonia (radang paru-paru)

Peradangan dari gelembung udara mikroskopik paru-paru iaitu alveolus dan saluran udara terkecil iaitu bronkiolus atau disebut pneumonia.

Pneumonia dapat timbul di perbagai daerah di paru-paru. Pneumonia lobar menyerang sebuah lobus atau potongan besar paru-paru. Pneumonia lobar adalah bentuk pneumonia yang mempengaruhi area yang luas dan terus-menerus dari lobus paru-paru.

Selain itu, ada juga yang disebut bronkopneumonia yang menyerang seberkas jaringan di salah satu paru-paru atau keduanya.

Penyebab:

Penyebab utama infeksi bakteri, sering kali dari jenis Streptococcus pneumoniae. Pneumonia dapat dipicu menjadi permasalahan sekunder oleh infeksi virus di saluran pernafasan atas, seperti flu.

Penyebab lain meliputi berbagai jenis bakteri juga virus seperti influenza dan cacar air dan lebih jarang mikroorganisme seperti protozoa.

Gejala:

Gejala utama adalah batuk dengan dengan dahak berdarah, sesak nafas, sakit dada dan demam tinggi.

Pengobatan:

Jika penyebabnya bakteri, rawatan dilakukan dengan antibiotik.

2. Penyakit Legionnaries

Legionnaries adalah penyakit paru-paru yang disebabkan bakteri legionella pneumophilia. Bentuk infeksinya mirip dengan pneumonia.

Penyebab:

Bakteri legionella yang menyebabkan penyakit ini merupakan bakteri berbentuk batang yang ditemukan di sebagian besar sumber air. Mereka berlipat ganda sangat cepat. Mereka terdapat di sistem pipa ledeng atau di mana pun yang air bisa menggenang.

Penyakit Legionnaire pertama kali dijelaskan pada 1976 setelah terjadi wabah penyakit yang mirip penumonia berat pada veteran perang di sebuah konvensi American legion. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki.

Gejala:

Gejalanya mirip pneumoni atau radang paru-paru lain, khususnya gangguan saluran nafas, tapi selain itu penderita juga terserang diare, sakit perut atau ikterus.

Penyakit ini terjadi sering kali pada orang berusia menengah atau lebih tua dan dapat menjadi serius atau bahkan menyebabkan kematian pada orang pada yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.


3. Jangkitan Pleura

Cairan berlebih di dalam membran berlapis ganda yang mengelilingi paru-paru disebut jangkitan pleura. Dua lapis membran yang melapisi paru-paru atau pleura dilumasi oleh sedikit cairan yang menyebabkan paru-paru mengembang dan menyempit dalam dinding dada. Infeksi seperti pneumonia dan tuberkulosis, gagal jantung dan beberapa tindakan dapat menimbulkan pengumpulan cairan di antara pleura. Jumlahnya boleh mencapai tiga liter yang menekan paru-paru.

Gejala:

Jangkitan Pleura menyebabkan sesak nafas dan sakit mencengkam dada.

Rawatan:

Perawatan awal berupa pembuangan cairan dengan jarum berlubang atau memasukkan pipa (saluran cairan dada) melalui dinding dada.

Lengkapnya :
(http://gurahcor.blogspot.com/2015/03/penyakit-paru-paru.html )

4. Tuberkulosis (TB)
Tuberkulosis atau disingkat TB merupakan penyakit yang disebabkan oleh jangkitan yang menyerang jaringan paru-paru.

Penyebab:

Penyebab seseorang mengidap TB adalah bakteri mycobacterium tuberculosis. Sebagian besar orang memiliki mikroba TB di dalam tubuhnya, tapi mikroba ini hanya menyebabkan penyakit di beberapa organ, biasanya jika imunisi atau kekebalan tubuh orang itu menurun.

Gejala:

Gejalanya meliputi demam dan batuk terus-menerus, nafsu makan menurun dan tubuh yang melemah.

Rawatan:

Antibiotik yang diminum telah dapat menyembuhkan TB, tapi jumlah penderita penyakit ini terus meningkat sejak 1980-an. Hal ini disebabkan oleh timbulnya jenis bakteri baru yang kebal terhadap antibiotik dan juga akibat penyebaran HIV/AIDS yang menurunkan kekebalan seseorang.

Beberapa penyakit paru-paru seperti TBC, sulit bernafas, Astma bisa juga  disembuhkan dengan cara gurah cor/hidung/nafas/suara.

Untuk informasi hubungi :
Rumah Terapi Sehat “Thera”
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Alquran dan Informasi Islam.
Kelapa Gading
Jakarta Utara

Telp. 08111 494599
08788 3171247
Pin : 28303 BAC
Email : therainstitute.yahoo.co.id

Tag: Gurah suara, gurah cor, gurah hidung, thera klinik, thera Institute, the thera Institute of Indonesia, verri jp, verri jp MA, Verri Jaya Priyana, Kelapa gading, pulomas, kayu putih, sunter podomoro, tanjung priok, koja, cakung, pulogadung, rawamangun, cempaka putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar