Minggu, 12 April 2015

Radang Amandel

Radang Amandel

Radang amandel adalah gangguan pembengkakan pada amandel yang disebabkan oleh virus. Amandel sendiri sesungguhnya berfungsi menghambat masuknya kuman-kuman melalui mulut, hidung dan tenggorokan ke dalam tubuh. Umumnya radang amandel terjadi pada anak-anak.

Gangguan radang amandel ini menyebabkan sesak napas bagi penderitanya, kemudian timbul rasa nyeri saat menelan, serta rasa nyeri pada seluruh tubuh. Cara penularan radang amandel yang sudah akut melalui percikan air ludah. gejala klinisnya yaitu suhu tubuh naik hingga 40 derajat celcius, rasa gatal ditenggorokan, lesu, nyeri sendi, nyeri telan, tidak nafsu makan dan nyeri telinga.

Pengobatan radang amandel akut yang dialami pada anak yaitu dengan pemberian antibiotik golongan penisilin atau sulfonamide selama 5 hari, obat penurun panas dan obat kumur. Apabila anak mengalami radang amandel yang berulang (lebih dari 3 kali dalam setahun) maka merupakan indikasi untuk dilakukan operasi tonsilektomi (pengangkatan tonsil).

Pengaturan makanan pada anak penderita radang amandel adalah :

Usahakan anak untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, susu, terutama selama demam.
Berikan makanan dalam bentuk lunak sehingga mempermudah anak mengunyah makanan.
Sebaiknya hindari minum es, sirup, es krim, gorengan, makanan yang diawetkan, makanan dan snack yang menggunakan penyedap rasa.
Berikan makanan sumber antiooksidan (beta karoten, vitamin C, vitamin E) untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, seperti sayuran hijau, labu kuning, tomat, wortel, jeruk, stroberi, kiwi, jambu biji,melon, kacang-kacangan, hati, telur, dan susu.
(Source:Amandel.org)

Untuk info gurah dan Herbal hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:



Tagged:

Akibat amandel, Amandel, Amandel adalah, Amandel anak, Amandel bengkak, Amandel dan pengobatannya, Amandel kronis, Amandel pada anak, Amandel Pada Balita, Amandel Tonsil, Apa itu Amandel?, Askep Amandel, Bahaya Amandel, Biaya Operasi Amandel, Cara Mencegah Amandel, Cara menghindari amandel, Fungsi Amandel, Gejala Sakit Amandel, Mencegah Amandel, Mengatasi Amandel, Mengobati Amandel, Penyebab Amandel, Penyebab Penyakit Amandel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar