Kamis, 16 Juni 2016

Kalsium


Pengertian Kalsium
Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki simbol Ca dan nomor atom 20.

 Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia. Kalsium bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi serta diperlukan dalam pembekuan darah, kontraksi otot, transmisi sinyal pada sel saraf.

Kalsium dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kalsium dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah serta dapat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.

Manfaat Kalsium

Mamfaat kalsium
Berikut manfaat kalsium untuk tubuh manusia.
Mengaktifkan saraf
Melenturkan otot
Mengatasi kencing manis
Menormalkan tekanan darah
Menyeimbangkan tingkat keasaman pada darah
Membantu untuk mineralisasi gigi serta mencegah pendarahan pada akar gigi
Mencegah osteoporosis
Melancarkan sistem peredaran darah
Manfaat kalsium
Menurunkan risiko kanker usus
Mengatasi kram, reumatik, sakit pinggang, dan juga wasir
Mengatasi keluhan pada saat terjadi haid atau menopause
Mencegah penyakit jantung
Meminimalkan penyusutan pada tulang selama masa hamil dan menyusui
Mengatasi kering serta pecah-pecah yang terdapat pada kulit kaki dan tangan
Setelah umur melebihi 20 tahun, pada umumnya tubuh manusia akan mulai mengalami penurunan kalsium kurang lebih sebanyak 1% per tahun. Apabila setelah umur melebihi 50 tahun, jumlah kandungan kalsium akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan kalsium dapat mencapai 50% ketika sudah mencapai umur 70 tahun.

Gejala kekurangan kalsium seperti lesu, merasa gelisah, sesak napas, banyak keringat, menurunnya daya tahan tubuh atau metabolisme menurun, sakit pinggang, sembelit, kurang nafsu makan, insomnia, kram, dan sebagainya.

Sumber kalsium

Sumber kalsium antara lain :

Ikan salmon
Sumber kalsium ikan salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan lemak sehat dan juga protein. 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan dengan masih memiliki tulang belakang ternyata mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 181 mg kalsium.

Keju
Sumber kalsium keju
Keju merupakan makanan dengan bahan dasar susu dan keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi yang terdapat pada susu seperti, protein, fosfor, kalsium, vitamin, mineral, fosfor, lemak, serta kolesterol. Namun, mengkonsumsi susu secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Yoghurt
Sumber kalsium yoghurt
Yoghurt adalah susu yang dibuat dengan melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan tinggi kalsium, hal ini karena berbahan dasar susu.

Sayuran hijau
Sumber kalsium sayuran hijau
Sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sayuran hijau yang mengandung kalsium antara lain brokoli dan bayam.

Pisang
Sumber kalsium pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai mineral lainnya seperti magnesium, kalium, zat besi, dan lain sebagainya

Buah yg mengandung KALSIUM :
anggur, apel, asam jawa, belimbing, bengkuang, jambu biji, jeruk nipis, mangga, melon, pepaya muda, nangka muda, pisang, sirsak, kelapa muda.

Sayur yg mengandung KALSIUM :
bayam, blimbing wuluh, brokoli, jagung, kedelai, katuk, bekatul, kunyit, mentimun, pegagan, sledri, tomat, wortel, rebung.

Http://theraafiat.blogspot.com
Http://obatjamu.blogspot.com

Rumah sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Raya Blok DD no.15
Kelapa Gading
Jakarta utara
Telp. 08111494599
087883171247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar