Senin, 25 Mei 2015

Antara Chiropractic, Fisio Terapi dan Dokter


Ditulis oleh Dr. Setiobudi

Tidak ada perbedaan dalam jangka pendek terhadap kesembuhan sakit punggung antara penanganan chiropractic, fisioterapi atau dokter. Tapi Anda perlu mengetahui manfaat jangka panjang, resiko dan biaya dalam penanganan tersebut

Kebanyakan pasien dengan nyeri punggung membaik secara signifikan dalam 4 minggu pertama setelah pengobatan medis. Tidak ada perbedaan dalam jangka pendek terhadap kesembuhan sakit punggung antara penanganan chiropractic, fisioterapi atau dokter. Saat sakit punggung mengalami proses penyembuhan, Anda ingin merasa lebih nyaman dengan mengurangi rasa nyeri supaya Anda dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri:

Minum obat anti-nyeri (analgesik) dari dokter. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi obat anti-nyeri yang berefek samping ke lambung atau ginjal secara berlebihan.

Fisioterapis mengurangi rasa nyeri dengan terapi panas (untuk mengendurkan otot). Mereka melakukan terapi ultrasound untuk meningkatkan aliran darah dan mempercepat proses penyembuhan.

Chiropractor melakukan manipulasi tulang belakang untuk meningkatkan β-endorphin (sejenis morfin atau obat anti-nyeri) dalam tubuh.

Manfaat terapi jangka panjang dan risiko dari penanganan dokter, fisioterapi dan chiropractic:

Dokter.
Anda tidak mendapatkan manfaat terapi jangka panjang dengan pergi ke dokter kecuali dokter merujuk Anda untuk fisioterapi. Namun, dokter yang berpengalaman dapat mengidentifikasi jika kasus sakit punggung ini disebabkan oleh hal serius seperti tumor, infeksi atau fraktur dan menangani dengan tepat. Singkatnya, konsultasi ke dokter yang berpengalaman dapat mengurangi risiko masalah serius tak terdeteksi dan penanganan yang tertunda.

Fisioterapi.
Selain mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan, fisioterapi mengajarkan latihan penguatan otot (core muscle strengthening). Ini adalah kunci untuk menstabilkan tulang belakang sehingga mengurangi laju proses degeneratif, mengurangi frekuensi dan intensitas nyeri punggung.

Penanganan fisioterapi memiliki manfaat terapi jangka panjang tertinggi untuk kesehatan tulang belakang. Fisioterapis yang berpengalaman dapat mengidentifikasi masalah yang serius. Karena fisioterapis berhubungan dekat dengan dokter, mereka merujuk kasus tersebut sangat cepat.

Penanganan fisioterapi dengan core muscle strengthening memiliki manfaat terapi jangka panjang tertinggi untuk kesehatan tulang belakang

Chiropractic.
Kebanyakan chiropractor berkonsentrasi pada manipulasi tulang belakang. Manipulasi tulang belakang yang berlebihan dapat menyebabkan Over Manipulation Syndrome (OMS). Tulang belakang jadi tidak stabil dan menyebabkan rasa nyeri kronis pada sendi tulang belakang. Jika mereka tidak mengajarkan latihan penguatan otot (core muscle), manfaat terapi jangka panjang mungkin nihil. Chiropractor yang berpengalaman dapat mengidentifikasi hal-hal yang mungkin serius. Mereka merujuk pasien dokter. Pasien sering kali harus mencari dokter sendiri karena chiropractor biasanya tidak berhubungan dekat dengan dokter.

Lengkapnya:


Manipulasi chiropractic yang berlebihan dapat menyebabkan Over Manipulation Syndrome (OMS)
(Source: Dr Tony Setiobudi)

Untuk informasi Chiropractic hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar