Sabtu, 23 Mei 2015

Hypno Birthing Adigunawan

Hypno Birthing Adi Gunawan
melahirkan dengan mudah dan nyaman serta menyenangkan. Dia menyelenggarakan hypnobirthing dengan biaya Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Apa yang akan terjadi pada perempuan yang menurut dokter harus dibedah sesar karena bermasalah untuk melahirkan secara normal namun kekeh jumekeh untuk melahirkan secara normal karena percaya TIPUAN Adi W Gunawan tentang hypnobirthing? Semoga Allah menjauhkan hari hari demikian dari kehidupan kita, namun, bila hal demikian terjadi, itulah bukti betapa JAHAT dan BIADAB-nya Adi W Gunawan karena demi uang lima juta rupiah dia TEGA menipu wanita hamil untuk menyongsong BAHAYA bahkan maut bersama janinnya.

Memberanikan diri bertanya, di dalam blognya yang berjudul “Hypno-Birthing: Melahirkan Dengan Mudah, Nyaman, Dan Menyenangkan” Adi W Gunawan Menulis:

Beberapa hari lalu kawan saya menghubungi saya dan bertanya mengenai hypnobirthing. Inti dari pertanyaan kawan saya ini adalah apakah benar seorang wanita bisa melahirkan tanpa rasa sakit? Apakah hipnosis bisa digunakan untuk membantu seorang wanita agar melahirkan dengan mudah, nyaman, dan menyenangkan?

Nah, pembaca, jawaban singkat untuk pertanyaan kawan saya ini adalah “Bisa”.  Ok, kalau memang benar hipnosis bisa digunakan untuk membantu proses persalinan sehingga seorang wanita tidak lagi merasa sakit saat melahirkan, lalu bagaimana caranya?

Nah, ini yang akan saya jelaskan di artikel ini. Penjelasan ini juga merupakan ringkasan dari jawaban yang saya berikan kepada kawan saya ini. Jujur, anda tidak akan bisa melakukan hypnobirthing hanya dengan membaca artikel ini. Namun paling tidak anda akan mendapat wawasan bagaimana sebenarnya seorang hipnoterapis membantu wanita untuk bisa melakukan hypnobirthing.

Hypnobirthing adalah gabungan dari dua kata yaitu hypnosis dan birthing. US. Dept. of Education, Human Services Division mendefiniskan: Hypnosis is the bypass of the critical factor of conscious mind and followed by the establishment of acceptable selective thinking atau hipnosis adalah penembusan faktor kritis dari pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu ide atau pemikian. Sedangkan birthing artinya persalinan atau melahirkan. Jadi, hypnobirthing adalah proses persalinan yang menggunakan bantuan kondisi hipnosis.

Pertanyaanya sekarang adalah bagaimana kok bisa wanita yang melahirkan dengan bantuan kondisi hipnosis bisa sama sekali tidak merasakan sakit?

Sebelum saya menjawab pertanyaan di atas saya yang ingin bertanya kepada anda, “Apakah melahirkan harus selalu dengan rasa sakit?”, “Mengapa kalau wanita melahirkan, umumnya, selalu diikuti oleh rasa sakit yang luar biasa?”

Jawaban untuk pertanyaan pertama, “Melahirkan tidak harus diikuti dengan rasa sakit”. Untuk pertanyaan kedua, saya perlu menjelaskan sedikit lebih detil.

Dari mana munculnya rasa sakit? Dari hasil programming sejak kecil. Saya yakin anda, wanita, pasti pernah mendengar, sejak anda masih kecil, bahwa melahirkan adalah pengalaman yang begitu menakutkan dan menyakitkan. Anda mungkin mendengar hal ini dari orang tua, rekan, media masa, lingkungan anda, atau melihat di televisi bagaimana menderita dan sulitnya proses persalinan.

Saat apa yang anda dengar dan lihat ini masuk ke pikiran bawah sadar anda maka informasi ini menjadi program yang akan menentukan realita anda. Jadi, saat anda, wanita, mau melahirkan dan mengalami kontraksi yang pertama, maka pada saat itu program “kalau melahirkan pasti sakit sekali” langsung bekerja.

Apa yang terjadi? Benar sekali. Anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

Mengapa kok bisa sampai timbul rasa sakit?

Rasa sakit muncul karena wanita yang mau melahirkan merasa tegang dan takut, akibat telah mendengar berbagai cerita seram seputar melahirkan. Perasaan ini selanjutnya membuat jalur lahir (birth canal) menjadi mengeras dan menyempit. Nah, pada saat kontraksi alamiah mendorong kepala bayi untuk mulai melewati jalur lahir, terjadi resistensi yang kuat. Ini yang menyebabkan rasa sakit yang dialami seorang wanita.

Lha, bagaimana tidak sakit. Bayi, dengan dorongan kontraksi alamiah, seharusnya bisa dengan mudah, lancar, dan mulus, melewati jalur lahir dan keluar dengan mudah, mendapat hambatan karena jalur lahir menyempit dan tegang. Semakin si wanita merasa tegang dan takut, semakin kaku dan menyempit jalur lahirnya, dan semakin sakit jadinya.

Sekarang anda jelas mengapa wanita kalau melahirkan umumnya mengalami “penderitaan” dan rasa sakit.

Lalu, bagaimana hipnosis bisa membantu hal ini? Mudah saja. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan hypnobirthing.

Pertama, hipnoterapis perlu melakukan re-edukasi terhadap calon ibu ini. Melahirkan tidak harus dengan rasa sakit. Tubuh wanita didesain untuk bisa melahirkan tanpa rasa sakit. Rasa sakit muncul karena sebab-sebab yang telah dijelaskan di atas.

Wanita di pedalaman Cina dan beberapa daerah di India bisa melahirkan dengan sangat mudah dan sama sekali tanpa rasa sakit. Wanita hamil, di daerah itu, yang sedang bekerja di sawah, kalau melahirkan, hanya perlu berteduh, jongkok sebentar, dan melahirkan dengan begitu mudah. Bayi keluar bukan karena dorongan tapi karena tarikan gravitasi bumi. Setelah melahirkan, mereka cukup istirahat sejenak, sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah itu mereka kembali bekerja seperti biasa.

Mengapa mereka bisa seperti ini? Karena inilah realita persalinan yang dikenal oleh warga di daerah ini. Inilah “programming” persalinan yang mereka dapatkan sejak kecil. Dan persis seperti itulah yang mereka alami.

Setelah melakukan reedukasi maka hipnoterapis melakukan langkah selanjutnya. Apa itu?

Kunci dari hypnobirthing sebenarnya adalah self hypnosis yang harus dilakukan oleh wanita yang akan melahirkan, tentunya dengan bantuan hipnoterapis kompeten, untuk bisa masuk ke kondisi hipnosis yang sangat dalam, dan mengaktifkan program yang diinstal oleh si hipnoterapis, yang akan aktif saat wanita ini akan melahirkan.

Hipnoterapis akan membantu klien untuk masuk ke kondisi hipnosis yang sangat dalam. Ini syarat mutlak. Istilah teknisnya adalah profound somnambulism. Selanjutnya klien harus bisa mencapai level Esdaile.

Mengapa perlu sangat dalam? Karena saat masuk ke kondisi yang sangat dalam, pikiran bawah sadar sangat reseptif menerima berbagai sugesti, termasuk sugesti bahwa fisik klien menjadi begitu rileks dan nyaman. Selain itu, saat berhasil mencapai level Esdaile maka terjadi anestesi spontan dan natural.

Setelah berhasil membimbing klien masuk ke kondisi hipnosis yang dibutuhkan, hipnoterapis memberikan sugesti bahwa tubuh klien begitu rileks dan nyaman, seluruh otot-otot tubuh menjadi begitu lemas dan nyaman. Sugesti tubuh klien rileks bertujuan untuk membuat jalur lahir menjadi begitu rileks dan mudah meregang memberikan jalan keluar bagi bayi.

Selanjutnya hipnoterapis membimbing klien masuk kondisi Esdaile untuk melatih klien menghasilkan anestesi spontan dan natural.

Setelah berhasil melakukan hal di atas hipnoterapis memasang anchor dan memberikan posthypnotic suggestion dan meminta klien untuk berlatih masuk dan keluar kondisi deep hypnosis, di rumah, minimal 10 kali per hari.

Pada sesi berikutnya hipnoterapis akan menguji hasil latihan klien ini. Bila klien melakukan latihan dengan benar maka klien pasti bisa masuk dengan sangat cepat dan dalam ke kondisi very deep hynosis dengan mengaktifkan anchor yang telah dipasang.

Hipnoterapis lalu menguji anestesi spontan yang muncul akibat klien mencapai kondisi Esdaile. Anestesi ini terjadi di seluruh tubuh. Jika klien lolos uji ini maka hipnoterapis melanjutkan dengan melatih klien melokalisir anestesi  yang telah berhasil klien ciptakan, terbatas hanya pada lokasi tubuh mulai dari persis di bawah lipatan payudara hingga ke pertengahan paha, antara pangkal paha dan lutut.

Setelah klien berhasil dibimbing melokalisir wilayah anestesi, dan dengan diberikan beberapa sugesti tambahan, klien boleh pulang dan berlatih selama 1 minggu lagi.

Minggu berikutnya kembali hipnoterapis akan melakukan uji hasil latihan minggu sebelumnya. Bila klien berhasil melakukan semua yang diajarkan dengan sempurna maka ia siap untuk melakukan hypnobirthing. Hipnoterapis selanjutnya memberikan beberapa posthypnotic suggestion yang berhubungan dengan kecepatan pulih, kapan pendarahan berhenti, produksi ASI, dan hal-hal lain yang dirasa perlu.

Mengapa harus menggunakan anchor untuk mengaktifkan program rileksasi?

Wanita kalau sudah panik atau sakit akan sangat sulit diminta rileks. Jadi, untuk mudahnya begitu wanita mengalami kontraksi pertama maka ia bisa dengan sadar mengaktifkan anchor yang telah dipasang dan telah ia latih sekian lama. Begitu anchor diaktifkan maka ia akan langsung masuk ke kondisi rileksasi fisik dan pikiran yang begitu dalam, nyaman, dan menyenangkan.

Pada saat itu tubuh dan pikirannya siap untuk persalinan. Tubuh yang rileks, jalur lahir yang rileks membuat proses persalinan menjadi begitu mudah. Anestesi yang telah dilatih, yang dilokalisir antara lipatan payudara dan paha, membuat wanita sama sekali tidak merasa apapun di wilayah ini.

Apakah perlu mendorong bayi keluar?  Tidak perlu. Saat tubuh benar-benar rileks kontraksi alamiah akan mendorong bayi dengan mudah tanpa harus dipaksa. Wanita mendorong bayi keluar karena melawan resistensi akibat jalur lahir yang tegang dan menyempit.

Setelah mendengar jawaban ini kawan saya bertanya, “Apa bedanya teknik yang Bapak jelaskan dengan yang ditulis di buku Hypnobirthing?”

Saya punya beberapa buku mengenai melahirkan tanpa rasa sakit. Khusus di Indonesia ada dua judul. Yang satu adalah terjemahan dari buku luar negeri dan yang satu lagi ditulis oleh penulis dalam negeri. Saya tidak bisa komentar mengenai apa yang dijelaskan di buku-buku ini.

Pemahaman setiap orang mengenai hypnobirthing tentunya berbeda bergantung pada latar belakang pendidikan dan pelatihan mereka. Dan yang saya jelaskan di sini adalah apa yang saya pahami sebagai hypnobirthing berdasar pengetahuan dan pembelajaran yang saya dapatkan.

Jika menggunakan acuan penjelasan saya di atas maka prosedur hypnobirthing harus dilakukan oleh tiga pihak. Pertama, oleh seorang hipnoterapis kompeten. Ini untuk melatih klien masuk kondisi profound somnambulism dan Esdaile. Selanjutnya hipnoterapis akan melatih dan memberikan berbagai sugesti pascahipnosis yang sesuai, plus tentunya memasang anchor.

Kedua, klien itu sendiri. Klien harus bersedia melakukan apa yang diajarkan oleh hipnoterapisnya. Klien harus bersedia berlatih di rumah sesuai program yang telah disusun oleh hipnoterapisnya. Hasil latihan ini yang nantinya akan digunakan saat melahirkan.

Ketiga, setelah klien berhasil melakukan semua yang diajarkan oleh hipnoterapis maka proses persalinan adalah urusan dokter yang membantu persalinan.

Pengalaman saya sebagai seorang hipnoterapis menunjukkan bahwa dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai cara kerja pikiran, teknik induksi yang sesuai, dan latihan untuk bisa membawa klien masuk kondisi very deep hypnosis. Dan ini tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu 1 atau 2 hari saja.

Bengcu Menggugat:

Adi W Gunawan mustahil menyelesaikan MASALAH bila dia tidak TAHU dan tidak mengerti masalahnya. Hipnobirthing Adi W Gunawan mustahil berkhasiat mengatasi sakit bersalin karena bertentangan dengan FAKTA sakis bersalin. Mari kita menguliti TIPUAN-nya helai demi helai seperti menguliti bawang bombai sehingga anda bisa melihat betapa jahat dan biadabnya dia.

Adi W Gunawan: Apakah melahirkan harus selalu dengan rasa sakit? Melahirkan tidak harus diikuti dengan rasa sakit. Tubuh wanita didesain untuk bisa melahirkan tanpa rasa sakit.

Tubuh perempuan di design untuk melahirkan dengan rasa sakit ketika melahirkan. Itu sebabnya semua perempuan yang melahirkan pasti kesakitan. Itu sebabnya para Ilmuwan membuktikan bahwa melahirkan selalu menyakitkan, namun, tingkat rasa sakit dan intensitas (lamanya) rasa sakit antara satu dengan lainnya berbeda-beda.

Adi W Gunawan: Mengapa kalau wanita melahirkan, umumnya, selalu diikuti oleh rasa sakit yang luar biasa? Dari mana munculnya rasa sakit? Dari hasil programming sejak kecil. Saya yakin anda, wanita, pasti pernah mendengar, sejak anda masih kecil, bahwa melahirkan adalah pengalaman yang begitu menakutkan dan menyakitkan. Anda mungkin mendengar hal ini dari orang tua, rekan, media masa, lingkungan anda, atau melihat di televisi bagaimana menderita dan sulitnya proses persalinan. Saat apa yang anda dengar dan lihat ini masuk ke pikiran bawah sadar anda maka informasi ini menjadi program yang akan menentukan realita anda. Jadi, saat anda, wanita, mau melahirkan dan mengalami kontraksi yang pertama, maka pada saat itu program “kalau melahirkan pasti sakit sekali” langsung bekerja. Apa yang terjadi? Benar sekali. Anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

Kerabatku sekalian, alur bibir adalah alur yang ada di bibir atas. Sejak masih kecil, pernahkah anda diajari bahwa menekan alur bibir dengan jempol menyebabkan rasa sakit sekali? Cobalah tekan alur bibir anda dengan jempol. Kenapa anda MERASA sakit? Karena pikiran bawah sadar anda menjalankan program “Menekan alur bibir sakit bukan kepalang”? Mustahil!

CUBITLAH seorang bayi dengan menjepit kulitnya dengan ujung kuku jempol dan jari telunjuk anda. Dia pasti kesakitan. Mungkinkah bayi itu kesakitan karena pikiran bawah sadarnya menjalankan program “ketika dicubit kamu akan kesakitan!”? Mustahil!

Handai taulanku sekalian, karena seseorang MERASA sakit bukan karena pikiran bawah sadarnya MENYURUH anggota tubuhnya merasa sakit, maka  ajaran tentang pikiran bawah sadar perempuan menjalankan program “kalau melahirkan pasti sakit sekali” adalah pepesan kosong alias hoax.

Adi W Gunawan: Mengapa kok bisa sampai timbul rasa sakit? Rasa sakit muncul karena wanita yang mau melahirkan merasa tegang dan takut, akibat telah mendengar berbagai cerita seram seputar melahirkan. Perasaan ini selanjutnya membuat jalur lahir (birth canal) menjadi mengeras dan menyempit. Nah, pada saat kontraksi alamiah mendorong kepala bayi untuk mulai melewati jalur lahir, terjadi resistensi yang kuat. Ini yang menyebabkan rasa sakit yang dialami seorang wanita.

Proses melahirkan terjadi dalam tiga tahap yaitu:

1.    Tahap pertama – pembukaan 1-2
2.    Tahap kedua – pembukaan 3-10
3.    Tahap ketiga – lahirnya ari-ari

Tahap pertama adalah pembukaan rahim yang juga disebut pembukaan 1-2 yang biasanya berlangsung 24-48 jam. Selama masa kehamilan, otot rahim membesar sehingga ruang rahim pun meluas seiring pertumbuhan janin. Ketika proses melahirkan dimulai, otot rahim mengerut alias mengecil sehingga ruangan rahim pun menyempit. Itulah yang disebut kontraksi rahim. Kontraksi rahim menyebabkan terbukanya sumbat rahim berupa jeli dan membesarnya mulut rahim serta pecahnya ketuban. Karena ruangan rahim menyempit sementara sumbat rahim terbuka dan mulut rahim membesar maka janin pun terdorong memasuki mulut rahim selanjutnya ke leher rahim dan vagina alias memek.

Tahap kedua disebut pembukaan 3-10,  berlangsung sekitar 7 jam (3,5 jam untuk anak selanjutnya), yaitu melebarnya jalan lahir (birth canal) yaitu leher rahim dan vagina alias memek alias baga. Ketika pelebaran mencapai 10 cm, maka bayi pun terdorong dari rahim memasukinya. Dalam kondisi demikian, secara naluri sang ibu mengejan.

Tahap  ketiga disebut lahirnya ari-ari (plasenta) yang normalnya berlangsung selama 1 jam yang bisa dipercepat menjadi 5-15 menit dengan bantuan obat, setelah bayi lahir.

Ajaran Adi W Gunawan bahwa rasa sakit melahirkan terjadi karena bayi menerobos paksa jalur lahir yang mengeras dan menyempit adalah ajaran ngaco-belo. Sebab, dalam proses melahirkan, alih-alih mengeras dan menyempit, jalan lahir yaitu mulut rahim, leher rahim dan memek justru melebar. Itu sebabnya janin yang terdorong oleh kontraksi rahim pun memasukinya.

Adi W Gunawan MENIPU bahwa sakit melahirkan disebabkan oleh tekanan janin atas jalan lahir. Ilmu kedokteran mengajarkan bahwa sakit melahirkan terjadi karena kontraksi otot rahim. Meskipun kontraksi otot mulut rahim, kontraksi leher rahim, kontraksi vagina alias memek setelah bayi lahir juga menyebabkan rasa sakit namun sakitnya tidak sehebat kontraksi otot rahim. Kontraksi otot rahim artinya otot rahim mengerut alias mengecil. Gerakan mengerut menyebabkan otot rahim kekurangan darah dan oksigen, ibarat menjerat jari tangan dengan karet atau tali. Itulah pangkal utama sakit melahirkan yaitu kontraksi otot rahim.

Adi W Gunawan: Wanita di pedalaman Cina dan beberapa daerah di India bisa melahirkan dengan sangat mudah dan sama sekali tanpa rasa sakit. Wanita hamil, di daerah itu, yang sedang bekerja di sawah, kalau melahirkan, hanya perlu berteduh, jongkok sebentar, dan melahirkan dengan begitu mudah. Bayi keluar bukan karena dorongan tapi karena tarikan gravitasi bumi. Setelah melahirkan, mereka cukup istirahat sejenak, sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah itu mereka kembali bekerja seperti biasa.

Menurut ilmu kedokteran, bayi keluar karena kontraksi otot rahim menyebabkan ruangan rahim menyempit dan mendorongnya keluar ke mulut rahim, leher rahim lalu vagina. Itu sebabnya bualan Adi W Gunawan tentang bayi keluar karena tarikan grativitasi bumi, adalah pepesan kosong belaka.

Tanpa bantuan obat maka setelah bayinya lahir, perempuan harus menunggu sekitar 1 jam agar semua ari-arinya lahir. Berdasarkan fakta demikian maka bualan Adi W Gunawan tentang beristirahat sekitar 5-10 menit lalu kembali bekerja biasa adalah dongeng belaka.

Adi W Gunawan: Pada saat itu tubuh dan pikirannya siap untuk persalinan. Tubuh yang rileks, jalur lahir yang rileks membuat proses persalinan menjadi begitu mudah. Anestesi yang telah dilatih, yang dilokalisir antara lipatan payudara dan paha, membuat wanita sama sekali tidak merasa apapun di wilayah ini.

Dalam proses melahirkan, rasa sakit terjadi karena kontraksi otot rahim. Itu berarti yang sakit adalah rahimnya. Anggap saja kata Adi W Gunawan benar, hipnotis memang membuat jalur lahir yang rileks dan anestesi yang dilokalisir antara lipatan payudara dan paha. Namun hal demikian mustahil menghilangkan rasa sakit melahirkan di rahim, bukan? Nampak gamblang sekali, promosi Adi W Gunawan tentang Hipnobirthing menyebabkan proses melahirkan mudah dan nyaman serta menyenangkan adalah pepesan kosong alias PENIPUAN.

Adi W Gunawan: Apakah perlu mendorong bayi keluar?  Tidak perlu. Saat tubuh benar-benar rileks kontraksi alamiah akan mendorong bayi dengan mudah tanpa harus dipaksa. Wanita mendorong bayi keluar karena melawan resistensi akibat jalur lahir yang tegang dan menyempit.

Apa yang dimaksudkan oleh PENIPU Adi W Gunawan dengan mendorong bayi keluar? Yang dia maksudkan pastilah MENGEJAN. Perlukah perempuan mengejan saat melahirkan? Tentu saja perlu itu sebabnya setiap perempuan yang melahirkan melakukannya secara naluri.

Kerabatku sekalian, nampak tegas dan gamblang sekali bukan? Hipnobirthing yang digembar-gemborkan oleh Adi W Gunawan adalah HOAX alias PENIPUAN. Apa yang akan terjadi pada perempuan yang menurut dokter harus dibedah sesar karena bermasalah untuk melahirkan dengan normal namun kekeh jumekeh untuk melahirkan secara normal karena percaya TIPUAN Adi W Gunawan tentang hypnobirthing? Semoga Allah menjauhkan hari hari demikian dari kehidupan kita, namun, bila hal demikian terjadi, itulah bukti betapa JAHAT dan BIADAB-nya Adi W Gunawan. Demi uang lima juta rupiah dia TEGA menipu wanita hamil untuk menyongsong BAHAYA bahkan maut bersama janinnya.

PENIPUAN; PASAL 378 KUHP

Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.

DENGAN tipu muslihat atau pun dengan rangkaian KEBOHONGAN menggerakkan orang lain menyerahkan SESUATU BENDA

Adi W Gunawan menyatakan SAKIT bersalin terjadi karena jalur LAHIR mengeras dan MENYEMPIT ketika janin MENEROBOS keluar.

FAKTANYA adalah SAKIT bersalin terjadi KARENA otot Rahim berkontraksi alias MENGERUT alias MENGECIL sehingga kekurangan DARAH dan oksigen.

Apa yang dilakukan oleh Adi W Gunawan tersebut adalah TIPU muslihat alias KEBOHONGAN!

Untuk apa dia melakukan TIPU muslihat alias KEBOHONGAN? Untuk MENGGERAKKAN orang lain MENYERAHKAN sesuatu yaitu UANG kepadanya baik untuk ikut TERAPI Hipnobirthing maupun ikut SEMINAR hipnoterapi.
(Kompasiana)



Untuk info Hypno Slimming hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:


Label : Hypno Birthing, Hypno Birthing Adi Gunawan, Hypnotherapy, Verri JP MA, Thera Afiat, Thera Institute, The Thera Institute of Indonesia, Kelapa Gading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar